Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Rahasia Jualan Di Instagram Untuk Pemula Agar Cepat Laku


Tips Jualan Online lewat Instagram 



      Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer.  Pelajari cara memulai toko eCommerce Anda dengan tips tips dibawah ini.

      Instagram adalah salah satu jaringan media sosial paling populer.  Lebih dari 1 juta orang menggunakan aplikasi berbagi foto dan video setiap bulannya untuk memposting momen favorit mereka agar dapat dilihat seluruh dunia.  Secara keseluruhan, lebih dari 500 juta orang melihat cerita Instagram setiap hari!  Konon, sebagian besar pengguna aktif dibuat di AS, yang menawarkan 140 juta pengguna.

      Aplikasi ini menghadirkan peluang unik bagi pedagang eCommerce untuk bertemu dengan audiens mereka di mana mereka menghabiskan waktu - dan mempromosikan produk atau layanan mereka.

      Jadi, jika Anda belum tahu cara menjual di Instagram, Anda mungkin merindukan.  Survei Facebook 2019 mengatakan semuanya!  Dilaporkan bahwa 83% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka menemukan produk dan layanan baru di Instagram, sementara 81% menggunakannya untuk mencari produk dan layanan.  Bukan itu saja!  65% responden mengatakan mereka akhirnya mengunjungi situs web atau aplikasi merek, sementara 46% akhirnya melakukan pembelian secara online atau offline setelah menemukan produk di Instagram.

      Jelas, platform telah tumbuh menjadi alat multiguna yang kuat yang melayani bisnis dan pelanggan, dan pengecer eCommerce perlu mencari tahu memanfaatkannya.  Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memahami cara kerja penjualan di Instagram, memberi Anda kiat untuk meningkatkan permainan penjualan sosial Anda. 

Cara Kerja Menjual di Instagram

      Instagram telah menjadi tujuan eCommerce yang populer.  Pada akhir tahun 2020, pendapatan iklannya diperkirakan menyumbang 30% dari pendapatan media sosial.  Pengecer eCommerce harus memahami seperti apa penjualan di Instagram sehingga mereka dapat memanfaatkan potensinya yang sangat besar untuk meningkatkan penjualan.

 Desain ulang aplikasi tahun 2019 memperkenalkan fitur Shopping Checkout, memudahkan merek untuk menjual produk di Instagram.  Melalui fitur ini, bisnis sekarang dapat mengubah umpan Instagram mereka menjadi outlet eCommerce yang dapat dibeli.

 Ada beberapa cara bisnis dapat menjual di Instagram.  Berikut cara kerja menjual di Instagram:

  •  Belanja Instagram: Fitur ini memungkinkan Anda membuat umpan Instagram yang dapat dibeli dan menandai produk yang ingin Anda jual.  Pengguna kemudian dapat melakukan pembelian langsung di dalam aplikasi.
  •  Cerita Instagram: Cerita Instagram adalah fitur lain yang memanfaatkan peluang bisnis untuk menjual di Instagram.  Lebih dari 500 juta orang melihat cerita Instagram setiap hari!  Jika bisnis Anda memiliki 10.000+ pengikut, Anda dapat menambahkan tautan ke cerita Instagram Anda dan menggunakannya untuk mengarahkan lalu lintas, menjual produk, atau bahkan mendorong langganan email.
  •  Iklan Instagram: Cara lain untuk berjualan di Instagram adalah melalui iklan.  Dengan Iklan Instagram, Anda dapat menjalankan kampanye iklan bertarget untuk mempromosikan posting Anda dan memperluas jangkauan Anda.
  •  Bermitra dengan influencer: Saat ini, konsumen lebih memercayai orang daripada yang mereka percayai.  Bekerja dengan influencer seperti selebgram untuk memamerkan produk Anda yang sedang digunakan dapat menjadi cara yang tepat jika Anda ingin mendapatkan kepercayaan melalui rekomendasi pribadi.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menjual di Instagram

      Sama seperti platform lainnya, berjualan di Instagram hadir dengan keuntungan dan tantangan.  Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan Pro & Kontra berjualan di Instagram agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.  

Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat mencari tahu cara berjualan di Instagram.

1. Kelebihan Menjual Di Instagram

  •  Pemirsa besar-besaran: Dengan lebih dari satu juta pengguna bulanan aktif, Instagram menghadirkan peluang besar bagi bisnis untuk bertemu dan melibatkan pemirsa target mereka melalui jangkauan organik.
  •  Terhubung dengan pelanggan baru: HootSuite memprediksi bahwa dimungkinkan untuk menjangkau 928,5 juta orang melalui iklan Instagram.  Dengan strategi Instagram yang kuat, Anda memiliki peluang untuk mengarahkan prospek baru ke saluran penjualan dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membeli.
  •  Peluang untuk terlibat dengan audiens Anda: Keterlibatan pelanggan sangat penting untuk membangun loyalitas merek.  Instagram menduduki puncak tangga lagu dalam hal keterlibatan pemirsa, dengan tingkat keterlibatan 10x lebih tinggi daripada Facebook dan 84x lebih baik daripada Twitter.  Itu menjadikannya platform terbaik bagi Anda untuk melibatkan pelanggan dan pengikut Anda yang ada.
  •  Membangun kesadaran merek: Dengan 83% pengguna Instagram menggunakan platform untuk menemukan produk dan layanan baru, dan 81% menggunakannya untuk meneliti produk dan layanan, bisnis dapat menggunakan platform untuk mendapatkan perhatian.  Melalui konten autentik yang berfokus pada merek, Anda dapat menunjukkan kepada calon pelanggan tentang bisnis Anda, pencapaiannya, dan sasaran merek untuk menciptakan kesadaran dan keakraban merek.

2. Kekurangan Menjual di Instagram

  • Anda hanya dapat menggunakan Belanja Instagram untuk menjual produk fisik yang sesuai dengan perjanjian pedagang dan kebijakan perdagangan Instagram.  Anda tidak dapat menggunakannya untuk menjual layanan.
  •  Fitur Belanja Instagram tidak akan tersedia untuk Anda jika Anda belum diterima di program media sosial
  •  Untuk menambahkan tautan produk ke cerita Instagram Anda, Anda harus memiliki 10.000 pengikut atau lebih.

 Apa yang Paling Laris di Instagram?

      Tentu saja, produk berguna apa pun yang membantu pembeli menyelesaikan masalah harian mereka dapat dijual di Instagram jika disajikan kepada audiens yang tepat dengan foto berkualitas dengan harga yang tepat.  Tapi ada kategori produk populer yang paling laku di Instagram.  Akan sangat membantu bagi Anda untuk mengetahuinya di awal dan menyimpannya di belakang pikiran Anda saat memutuskan jenis produk yang ingin Anda jual di Instagram.

 Berikut adalah daftar beberapa kategori menguntungkan untuk dijual di Instagram:

  •  Mode
  •  Perhiasan
  •  Produk kecantikan
  •  Aksesoris makeup
  •  Produk kebugaran
  •  Ornamen
  •  Elektronik
  •  Aksesori telepon
  •  Gadget iPhone
  •  Produk alami organik
  •  Produk - produk kesehatan
  •  Dekorasi rumah
  •  Produk buatan tangan yang unik

 10 Tips Berjualan di Instagram

       Sejak awal, Instagram telah beralih dari aplikasi berbagi foto ke saluran penjualan digital.  Banyak merek memanfaatkan pusat perbelanjaan digital ini untuk menuai hasilnya.  Anda tidak ingin ketinggalan!  Untuk itu, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memakainya di Instagram dan mencapai kesuksesan menjual produk di platform.

1. Beralih ke Akun Bisnis Instagram

Untuk memulai perjalanan Anda untuk berjualan di Instagram, pertimbangkan untuk mengonversi akun Anda ke akun bisnis.  Ini akan memberi Anda akses ke wawasan mendalam dan analitik Instagram tentang audiens Anda, Fitur Belanja Instagram, tombol CTA bawaan, dan alat penjadwalan untuk merencanakan dan mengaktifkan posting otomatis di umpan Instagram Anda.


 2. Optimalkan Profil Bisnis Instagram Anda

Anda ingin memastikan bahwa pengguna Anda menyukai apa yang mereka lihat ketika mereka mengklik halaman Anda.  Pastikan Anda menggunakan nama Instagram yang unik dan mudah diingat, foto profil yang menarik perhatian orang, dan bio yang dibuat dengan baik yang menyertakan tagar untuk menarik audiens yang lebih luas.  Selain itu, pastikan Anda menyertakan tautan di bio Instagram Anda yang mengarahkan pengunjung ke toko online atau halaman produk Anda.


3. Tawarkan Promosi Khusus Instagram

Memperlakukan pengikut Anda dengan hadiah, kode diskon, atau kupon adalah cara yang baik untuk memberi penghargaan kepada mereka karena setia pada merek Anda, dan juga menarik lebih banyak orang ke profil Anda dan membuat mereka merasa istimewa.


4. Manfaatkan umpan Instagram yang dapat dibeli

Untuk membuat umpan yang dapat dibeli di Instagram, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi dan profil bisnis.  Anda juga perlu menyertakan katalog produk produk fisik yang ditautkan ke Manajer Facebook Anda.  Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada audiens Anda bagaimana produk Anda terlihat, bagaimana penggunaannya, dan siapa yang menggunakannya.


 5. Repost foto pelanggan

 Saat Anda mencari cara untuk menjual di Instagram, Anda perlu menyadari bahwa 90% pelanggan mempercayai konten buatan pengguna saat membuat keputusan pembelian.  Pelanggan 2,4x lebih mungkin melihat UGC (konten buatan pengguna) dibandingkan dengan konten iklan tradisional merek.  Oleh karena itu, memposting ulang foto atau video pelanggan yang menunjukkan produk Anda sedang digunakan, dan memposting ulasan atau komentar pengguna adalah teknik yang efektif yang akan memperkuat kredibilitas dan kepercayaan merek Anda di antara audiens Anda. Anda juga harus mempertimbangkan bekerja dengan influencer yang mengenakan, menggunakan, atau menguji Anda.  produk.


6. Gunakan foto berkualitas tinggi

Saat Anda mengetahui cara menjual produk di Instagram, Anda perlu memastikan bahwa permainan foto Anda tepat sasaran.  Investasikan dalam fotografi produk berkualitas baik dengan menggunakan kamera resolusi tinggi atau menyewa fotografer profesional untuk mengambil foto produk berkualitas tinggi atas nama Anda.  Ingat Instagram kekurangan elemen fisik, dan satu-satunya cara Anda harus memamerkan produk Anda dan mengubah pembeli jendela menjadi pelanggan yang membeli adalah melalui foto berkualitas tinggi.


7. Sertakan hashtag yang tepat

Pos dengan setidaknya satu hashtag mengalami peningkatan keterlibatan 12,6%.  Dengan menggunakan hashtag yang tepat di posting Anda, Anda tidak hanya akan mendorong keterlibatan pengguna melalui atap, tetapi juga mendorong interaksi audiens, mencari tahu apa yang dilakukan pesaing Anda, dan menarik lebih banyak pengikut.


8. Soroti Produk Anda dengan Cerita Instagram

Cerita Instagram menghadirkan peluang unik bagi bisnis untuk memamerkan produk mereka saat digunakan.  Rekam diri Anda (atau siapa pun di tim Anda, atau seorang influencer!) Berbicara tentang manfaat utama produk Anda, dan kemudian sertakan tautan geser ke atas atau petunjuk arah ke tautan apa pun di bio Anda, yang mendorong penjualan.  Anda juga dapat menggunakan cerita Instagram untuk membangun kesadaran merek.


9. Sorot Produk dengan Teks Instagram

Gunakan area keterangan untuk menceritakan sebuah cerita dan membangkitkan emosi dengan menyoroti informasi produk penting seperti manfaat utama, petunjuk penggunaan produk, informasi harga, bahan, atau menjelaskan bagaimana pelanggan dapat membeli produk Anda.


10. Gunakan Ajakan Bertindak (CTA) yang Jelas

Tombol CTA mungkin tidak terlintas dalam pikiran saat memikirkan cara menjual di Instagram, tetapi tombol ini memainkan peran penting dalam menutup penjualan.  Selalu pastikan bahwa Anda dengan jelas menunjukkan kepada audiens Anda langkah selanjutnya yang harus diambil.  Setelah mereka melihat produk Anda dan membaca caption, apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya?  Gunakan CTA untuk mengarahkan pengguna Anda menemukan lebih banyak informasi, membeli produk, mengunjungi situs web Anda, halaman produk, atau mendapatkan lebih banyak keterlibatan pada posting Anda.

       Itu dia!  Ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memahami cara menjual di Instagram dan membangun etalase yang meningkatkan penjualan di Instagram tanpa harus menghabiskan banyak uang.  Bahkan jika Anda tidak memiliki banyak pengikut sekarang, jangan berkecil hati.  Mulailah dengan mengubah ke profil bisnis dan mulai melibatkan audiens Anda, ubah mereka menjadi pengikut, lalu ubah mereka menjadi pembeli pelanggan!