Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Umum Iklan Facebook: 7 Tips Cara Memperbaikinya

 Tips Beriklan di Facebook 


      Bukan rahasia lagi bahwa Facebook menawarkan salah satu platform iklan terbanyak serta yang terkuat untuk bisnis dari semua dimensi untuk mencapai target pelanggan mereka.

Tetapi seperti wirausahawan yang melakukan semuanya sendiri, dapat membuat frustasi untuk menciptakan berapa banyak percobaan dan kesalahan dan pendidikan yang berpartisipasi dalam awal, yang paling penting ketika Anda mengambil risiko uang nyata pada hasil nyata.

Mengenai hal yang baik adalah bahwa banyak dari kita cenderung melakukan kesalahan yang sama, yang paling penting ketika kita baru mulai.

Terlepas dari apakah iklan Facebook Anda tidak membuat satu penjualan atau Anda merasa tidak mendapatkan hasil yang tepat dari pengeluaran Anda, berikut adalah beberapa kesalahan universal (dan kadang-kadang mahal) iklan Facebook dan metode memperbaikinya.


1. Jangan berinvestasi dalam penelitian pengunjung di masa yang akan datang 

Yang mana karena Anda bisa lebih baik bekerja lebih baik?

Periklanan yang baik di depan orang yang salah?

Atau iklan biasa-biasa saja di depan orang yang tepat?

Saya bisa menggunakan uang saya membuat pengunjung yang tepat terlebih dahulu.

Facebook adalah rumah untuk berbagai audiens dan, tergantung pada apa yang Anda jual, audiens Anda bisa lebih besar, lebih kecil, atau lebih berbeda dari yang Anda tentukan untuk ditargetkan.

Anda harus menguji beberapa audiens pada jam-jam awal, sebelum Anda mulai menguji hal-hal tertentu seperti membaca iklan atau memformat.

Namun, itu tidak berarti Anda tidak dapat memulai dengan tebakan.

Metode yang baik untuk melihat penargetan adalah dengan bertanya pada diri sendiri apakah Anda bersedia mengambil risiko uang mungkin jika orang-orang ini ingin tertarik membeli produk Anda (secara teknis seperti itu Anda hidup). 

Anda ingin membuat niche yang selaras dengan produk Anda.

Jika Anda telah memilah produk-produk khusus (mis. Kemeja untuk orang-orang yang memiliki Pugs), Anda ingin memiliki waktu yang jauh lebih mudah daripada orang yang produknya tidak memiliki audiens khusus.


Salah satu metode terbaik untuk menciptakan perhatian yang dapat Anda target adalah menempatkan diri Anda dalam posisi yang juga untuk Anda pelanggan Anda:

  • Bagaimana dengan Google?
  • Taman apa yang mereka "suka" di Facebook?
  • Influencer atau selebriti apa yang ingin mereka lihat?
  • Aplikasi apa yang ingin mereka gunakan?
  • Publikasi / web apa yang mereka baca?
  • Dari apa yang Anda beli pesaing?
  • Di mana mereka ingin mengundi Reddit?


Langsung dari eksplorasi dan amati apa yang Anda pelajari tentang perhatian yang membuatnya unik dibandingkan dengan yang lain.

Jika Anda dapat membuat terpaut Facebook Park dari apa yang Anda temukan dalam penelitian Anda, seleksi suka di profil pribadi Anda.


 2. Menargetkan Pengunjung yang terlalu luas

 Kesalahan umum dengan iklan berbayar, apa pun platform, terlalu luas dengan audiens yang kami pilih untuk ditargetkan.

Anda mungkin berpikir semua orang adalah pelanggan calon, tetapi apa yang Anda bayar adalah orang-orang yang Anda jangkau iklan Anda. Mengapa membayar untuk mencapai orang yang salah?

 Potensi pemirsa antara 500 ribu hingga 1,5 juta seringkali merupakan ukuran yang baik untuk memulai banyak bisnis e-commerce.

 Jika audiens Anda terlalu banyak, coba persempit dengan minat "juga harus cocok untuk audiens utama Anda". Jika terlalu kecil, coba tambahkan minat untuk membuat koleksi pengguna yang lebih besar sampai Anda menemukan tempat manis Anda.


 3. Tidak sabaran

 Dengan semua jenis iklan berbayar, Anda akan merasa kehilangan uang jika mereka tidak segera mendapatkan hasil. Kadang-kadang Anda mungkin merasa terdorong untuk mengontrol iklan dan menyesuaikan hal-hal untuk "mengoptimalkan" iklan sehingga dapat berkinerja lebih baik sesegera mungkin.

 Tetapi pada awalnya, mengumpulkan data dan wawasan adalah kuncinya.

 Itu sebabnya penting untuk memiliki gambaran yang jelas tentang seberapa banyak yang benar-benar ingin Anda habiskan untuk mendapatkan satu pelanggan.

 Misalkan harga barang Anda adalah $ 17 dan Anda menjual produk seharga $ 50. Ini memberi Anda sekitar $ 33 untuk dibelanjakan dalam membuat pelanggan mencapai titik impas. Bersedia di baliknya dengan anggaran Anda di awal ketika Anda menguji audiens dan iklan Anda.

 Cobalah untuk tidak membuat keputusan tentang iklan Anda, seperti jeda atau sesuaikan, sampai Anda mencapai 1000 orang. Pada saat itu, Anda memiliki cukup data untuk setidaknya belajar sesuatu dari kinerja iklan Anda, meskipun iklan tidak mendapatkan penjualan.

 Cara lain dari ketidaksabaran pada akhirnya merusak kinerja Anda adalah ketika Anda tidak memberikan kesempatan kepada Facebook untuk belajar dari waktu ke waktu. Jika Anda belum menginstal piksel Facebook Anda (yang sangat mudah dilakukan di toko Shopification Anda), Anda harus melakukannya. Platform periklanan Facebook menggunakan piksel untuk melacak dan belajar berdasarkan data kinerja untuk meningkatkan penargetannya.

 Misalnya, jika Anda menetapkan tujuan kampanye Anda untuk dioptimalkan berdasarkan pembelian di awal, Facebook mungkin tidak tahu apa yang "dibeli" pelanggan ketika Anda tidak memiliki penjualan. Namun, ketika Anda mengumpulkan lebih banyak pembelian, set data menjadi lebih terinformasi.


 4. Jangan pisahkan iklan apa yang Anda uji 

 Dalam pemasaran, wawasan sering diremehkan dalam mengejar hasil. Dan meskipun Anda sangat dianjurkan untuk bereksperimen dan menguji berbagai hal dengan iklan, Anda hanya dapat benar-benar belajar sambil melanjutkan jika Anda menguji satu variabel pada satu waktu.

Uji audiens yang berbeda, yang masing-masing disajikan dengan berbagai jenis iklan Facebook, pada waktu yang berbeda tidak akan memberi tahu Anda banyak bahkan jika Anda menemukan sesuatu yang memberi Anda hasil yang lebih baik. Apa penonton? Apakah itu iklan? Sudah saat ini? Apakah ini merupakan kombinasi dari beberapa hal?

 Sebisa mungkin, cobalah untuk memisahkan variabel untuk diuji sehingga Anda dapat melanjutkan setelah percobaan dengan pengetahuan yang dapat Anda tindak lanjuti. Apalagi pada awalnya, Anda harus menguji koleksi iklan dengan audiens yang Anda targetkan.

 Perhatikan apa yang dapat Anda ubah dan uji di setiap level akun manajer iklan Anda:

  • Kampanye: Tujuan Anda adalah untuk mengoptimalkan Facebook (menambah  keranjang, pembelian, dll.)
  • Iklan Set: Pemirsa yang Anda targetkan, penempatan, dan jadwal.
  • Periklanan: Tautan, Format, Bahan Periklanan, dll.


5. Jangan menekan nilai belanja iklan Anda

 Meskipun target utama Anda adalah untuk mendapatkan penjualan, itu bukan satu-satunya keuntungan yang dapat Anda dapatkan dari iklan Anda.

 Bahkan, ada banyak nilai tambahan yang bisa Anda dapatkan dari iklan yang "gagal" untuk mendapatkan pelanggan untuk Anda.

 Kamu bisa:

  • Kumpulkan email dari pengunjung situs Anda.
  • Dapatkan lebih suka dan mengomentari posting Anda untuk membangun bukti sosial untuk iklan Anda dari waktu ke waktu.
  • Terlibat langsung dengan orang-orang yang mengomentari iklan Anda untuk membantu mereka membeli.
  • Targetkan kembali pengunjung ke situs Anda sebagai "lalu lintas hangat" di masa depan.
  • Siapkan urutan email untuk memulihkan gerobak yang lega yang mungkin Anda dapatkan.
  • Undang orang yang suka atau bereaksi terhadap pengiriman halaman Anda juga menyukai halaman Facebook Anda (cukup klik pada reaksi pengiriman itu sendiri).

 Ada juga wawasan yang tak ternilai yang dapat Anda kumpulkan dari lalu lintas berbayar Anda.

 Saya sangat menyarankan Anda mengatur Google Analytics dan Hot Jar dan melihat bagaimana traffic Anda berperilaku di situs web Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi apakah masalah Anda adalah audiens Anda, tata letak situs web Anda, atau masalah lain.

 Peta Hot seperti hot toples, khususnya, berguna karena memungkinkan Anda untuk melihat secara visual bagaimana lalu lintas berperilaku di situs web Anda: Seberapa jauh halaman pengunjung gulir sebelum pergi, apa yang mereka klik, dan rekaman kunjungan individu yang sebenarnya.


 6. Jangan mengoptimalkan bahan iklan Anda untuk perhatian dan klik

 Setelah Anda mengetahui audiens Anda, bahan periklanan yang baik untuk iklan Anda dapat membantu Anda meningkatkan hasil.

 Banyak hal yang berbeda yang menghasilkan iklan yang baik, tetapi berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk membantu:

  • Memiliki titik fokus pada gambar, salinan, atau video thumbnail yang menarik perhatian.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan emoji untuk menambah kepribadian dan elemen visual ke salinan Anda.
  • Kumpulkan bukti sosial (suka, komentar, saham) dari waktu ke waktu setiap kali Anda menjalankan iklan, yang membuat iklan Anda jauh lebih kuat.
  • Buat beberapa peluang untuk mengklik tautan dan label produk (Anda akan memerlukan toko Facebook, yang dapat Anda tambahkan dengan mudah. 
  • Eksperimen dengan berbagai format iklan dalam set iklan yang sama, terutama video karena Facebook telah diketahui mendukung format ini.


 7. Tidak mengoptimalkan semua. wawasan yang Anda miliki

 Banyak fitur dalam manajer iklan Facebook tersesat dalam kompleksitas mereka sendiri, terutama jika terkait dengan melihat kinerja Anda untuk mendapatkan wawasan.

 Kolom default yang Anda lihat di manajer iklan, misalnya, tidak menampilkan semua data aktual yang bermanfaat bagi Anda. Anda pasti harus menyesuaikan kolom Anda untuk mendapatkan informasi tambahan.

Pertimbangkan untuk menambahkan hal-hal berikut untuk mendapatkan gambaran kinerja periklanan yang lebih baik, bersama dengan hal-hal lain yang menurut Anda dapat membantu:

  • RKT: Rasio klik adalah persentase orang yang mengklik iklan Anda setelah melihatnya.
  • Biaya per Klik: Berapa banyak yang Anda bayar untuk setiap klik pada iklan Anda.
  • Pembelian Situs Web: Jumlah pembelian yang dibawa oleh iklan.
  • Konversi nilai pembelian situs web: nilai total pembelian yang terkait dengan iklan.
  • Frekuensi: Berapa kali ketika semua orang yang Anda ambil untuk melihat iklan. Kadang-kadang Anda akan melihat kinerja iklan Anda secara signifikan, dan itu karena Facebook hanya menampilkan iklan ke orang yang sama beberapa kali.
  • REACH: Berapa banyak orang yang unik (tidak berulang) yang Anda capai.
  • Skor Relevansi: Seberapa relevan iklan Anda dengan audiens yang Anda targetkan, berdasarkan 500 dari pertunjukan pertama Anda (dampak besar ini pada biaya Anda).
  • Anggaran: Berapa banyak uang yang Anda berdedikasi setiap hari atau total untuk kumpulan iklan.
  • Per Hasil Biaya: Berapa biaya untuk mencapai tujuan kampanye Anda.
  • CPM: Berapa banyak yang Anda bayar untuk 1000 tayangan.

Anda juga dapat menggunakan opsi "Detail" untuk menganalisis kinerja iklan Anda berdasarkan sejumlah faktor, seperti menjual perangkat di mana penjualan dilakukan, dan bagaimana gender mempengaruhi kinerja.

Praktik sangat sederhana, tetapi sangat dampak, yang juga dapat Anda terapkan adalah dengan menggunakan konvensi dan standar penamaan yang bermakna di seluruh akun manajer iklan Anda di setiap level. Dengan cara ini, sekilas Anda dapat mengetahui hal-hal seperti audiens yang Anda targetkan dan apa yang Anda uji.


Apa yang telah Anda pelajari?

Iklan Facebook membutuhkan waktu untuk menguasainya, tetapi sebagai salah satu cara paling efektif untuk mendistribusikan pesan, investasi, dan pembelajaran dari pengalaman orang lain sangat berharga.

Jadi pelajaran apa yang telah Anda pelajari dari iklan Anda sendiri? Bagikan komentar di bawah ya!