Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jualan Online di Facebook Marketplace : 7 Tips Agar Cepat Laku

Jualan di Facebook Marketplace Agar Cepat Laku


       Facebook Marketplace telah berkembang beberapa tahun terakhir dan pedagang harus mempertimbangkannya sebagai bagian dari pendekatan penjualan produk mereka. 

 Pasar Facebook telah lama berkembang. Pada tahun 2015, fitur "Jual" dimasukkan ke dalam apa yang kemudian populer disebut sebagai "Grup Beli dan Jual", di mana anggota mencantumkan item untuk dijual ke lebih dari 450 juta pengguna yang terlibat dalam grup ini.

 Orang-orang dapat menemukan item baru, menyimpannya sebagai favorit, berkomunikasi dengan penjual melalui Messenger, atau mengunjungi situs web merek untuk melakukan pembelian.

 Maju cepat, dan Facebook Marketplace telah berkembang dari pasar belanja peer-to-peer menjadi penjualan pedagang.  Saat ini, platform ini memungkinkan individu dan bisnis untuk menjual produk langsung ke konsumen dalam aplikasi Facebook. 

 Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, Facebook telah menjadi pasar yang ideal untuk menghubungkan produk dengan orang-orang.  Itulah mengapa baik individu maupun bisnis perlu mencari cara untuk menjual di Facebook Marketplace.

 Dalam artikel ini, kami membantu Anda memahami dasar-dasar penjualan di Facebook Marketplace, mengapa Anda harus mempertimbangkan Facebook Marketplace untuk bisnis eCommerce Anda, dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendorong penjualan untuk toko eCommerce Anda.

 Karena semakin banyak orang beralih ke belanja eCommerce, ada kebutuhan bagi bisnis untuk menemukan peluang penjualan di berbagai tempat.

 Facebook Marketplaces adalah salah satu platform yang memberi bisnis dan individu kemampuan untuk memanfaatkan lebih dari 2 miliar interaksi bulanan yang terjadi di platform dan mempromosikan produk mereka ke audiens yang ditargetkan.

 

Apa itu Facebook Marketplace?

        Sebelum Anda bisa mengetahui cara menjual di Facebook Marketplace, Anda perlu tahu apa itu.  Sederhananya, Facebook Marketplace adalah tujuan yang nyaman bagi pengecer untuk menjual barang dagangan mereka kepada khalayak yang ditargetkan, dan pelanggan untuk menemukan dan membeli barang.  Pelanggan dapat mencari dan memfilter produk berdasarkan lokasi, kategori, dan harga untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

 Dengan lebih dari 800 juta orang yang mengunjungi Marketplace setiap bulannya untuk melihat-lihat, membeli, atau menjual produk, ini adalah tempat yang tepat bagi bisnis untuk melibatkan pelanggan, ditemukan, dan menjual produk ke lebih dari 2 miliar pengguna Facebook.

 

Apa yang Bisa Anda Jual Di Facebook Marketplace?

       Jika Anda ingin memahami cara menjual di Facebook Marketplace, penting untuk membiasakan diri dengan kategori Facebook Marketplace.  Untungnya, Facebook mengizinkan individu dan bisnis untuk membuat daftar produk dalam berbagai kategori.  Mereka termasuk:

  •  Furnitur & Perangkat Keras
  •  Produk Kesehatan & Kecantikan
  •  rumah dan Taman
  •  Koper & Tas
  •  Peralatan Kantor
  •  Pakaian dan Aksesoris
  •  Seni dan Hiburan
  •  Produk Bayi
  •  Produk Bisnis dan Industri
  •  Kamera dan perlengkapannya
  •  Elektronik
  •  Makanan & Minuman
  •  Perangkat lunak
  •  Barang olahraga
  •  Mainan dan permainan
  •  Kendaraan dan Suku Cadang 


Aturan & Kebijakan Pasar Facebook yang Harus Anda Ketahui

        Bagian penting dari mengetahui cara menjual di Facebook Marketplace adalah belajar bermain sesuai aturan.  Anda tidak ingin produk Anda dihapus dari daftar karena melanggar kebijakan Marketplace.  Berikut adalah beberapa kebijakan Perdagangan Marketplace Facebook yang perlu Anda waspadai.

  • Item tertentu tidak dapat dijual: Facebook memiliki daftar item terlarang yang tidak dapat dijual di Marketplace.  Produk atau layanan dewasa, tiket acara, suplemen tidak aman, hewan, dan alkohol adalah contohnya.  Lihat daftar lengkapnya disini.
  • Anda hanya dapat menjual produk fisik: Anda harus menjual barang fisik di Marketplace.  Itu berarti Anda tidak dapat menawarkan layanan seperti lelucon, berita, pos hilang dan ditemukan, atau pos "mencari".
  • Anda tidak dapat menggunakan gambar sebelum dan sesudah untuk mempromosikan barang Anda: Contoh yang bagus adalah untuk pengecer yang menjual produk penurunan berat badan.  Anda tidak diperbolehkan menggunakan foto sebelum dan sesudah yang menunjukkan penurunan berat badan.
  • Deskripsi item harus sesuai dengan gambar: Judul dan deskripsi yang Anda berikan untuk item Anda harus cocok dengan foto tampilan item.


Haruskah Anda Mempertimbangkan Facebook Marketplace untuk Bisnis eCommerce Anda?

       Setiap pasar mengalami pasang surut.  Saat Anda mengetahui cara menjual di Facebook Marketplace, penting untuk mengetahui apa yang akan Anda lakukan sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah platform tersebut ideal untuk toko eCommerce Anda.  Kami akan membantu Anda menetapkan hal itu dengan tepat di bagian ini.


Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menjual di Facebook Marketplace

  • Komunikasi: Komunikasi adalah kata utama dalam hal berjualan di Facebook Marketplace.  Karena beberapa konsumen masih mengenal Marketplace, perkirakan untuk menerima banyak pesan dari pembeli.  Oleh karena itu, Anda harus siap untuk mendidik pembeli Anda dan menjawab setiap pertanyaan yang mereka miliki tentang produk Anda atau pembelian mereka secara profesional dan tepat waktu.
  • Pengiriman: Pesanan dikirim sesuai kesepakatan dengan konsumen.  Baik itu melalui transfer ataupun COD. Waktu pembayaran dan pengiriman serta lokasi ketemu diatur oleh penjual dan pembeli. Hal ini penting untuk diketahui agar Anda dapat mempertahankan tingkat inventaris yang tepat untuk menghindari masalah apa pun dengan penawaran dan permintaan produk Anda.  


4 Manfaat Marketplace Facebook untuk Bisnis eCommerce Dan Lapak Jualan Anda

        Menjual di Facebook Marketplace memiliki banyak manfaat.  Mereka termasuk:

  • Jangkauan yang diperluas: Facebook memiliki lebih dari 2,5 miliar pengguna aktif bulanan.  Itu berarti pengecer memiliki peluang nyata untuk menjual kepada pengguna mereka di platform yang sama tempat mereka bersantai, sehingga memperluas jangkauan pasar mereka.
  • Pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi: Penargetan audiens adalah manfaat utama dalam hal penjualan di Facebook Marketplace.  Produk Anda ditempatkan di hadapan pelanggan yang relevan, membantu merek menemukan pelanggan yang tepat dengan mudah.
  • Peningkatan konversi peluang : Melalui penempatan produk yang ditargetkan, Anda menghilangkan banyak tebakan dari penjualan Anda.  Itu berarti pelanggan yang melihat produk Anda memiliki peluang tinggi untuk membelinya.  Ini menghasilkan lebih banyak penjualan.
  • Mengatur Toko Facebook gratis: Anda benar-benar gratis membuat toko Facebook dan mendaftarkan barang Anda untuk dijual. 


Item Terlaris di Facebook Marketplace

       Setiap pasar memiliki buku terlarisnya.Untuk mendorong penjualan bisnis eCommerce Anda yang berjualan di Facebook Marketplace, Anda perlu menemukan barang terlaris di Marketplace dan menyajikannya dengan foto berkualitas dengan harga terjangkau.

 Berikut beberapa item terlaris di Facebook Marketplace:

  •  Laptop
  •  Kendaraan
  •  Perlengkapan rumah
  •  Barang koleksi
  •  Persediaan hewan peliharaan
  •  Perhiasan
  •  Produk bayi
  •  Mebel
  •  Alat halaman
  •  Video game
  •  Item rekreasi luar ruangan


7 Tips Jitu Berjualan di Facebook Marketplace Bagi Pemula 

      Berikut beberapa tips bermanfaat yang akan membantu Anda mendorong penjualan di Facebook Marketplace.

  1. Tampilkan produk Anda dengan foto produk berkualitas tinggi.  Anda dapat melakukan ini menggunakan kamera beresolusi tinggi, atau menyewa fotografer profesional untuk memastikan bahwa fotografi produk Anda tepat sasaran. 
  2. Tuliskan deskripsi jelas yang merinci manfaat produk Anda bagi pembeli.  Jangan hanya mencantumkan fitur, beri tahu pembeli bagaimana item tersebut akan menyelesaikan masalah mereka.  Bersikaplah jujur ​​dan baik dalam deskripsi Anda.
  3. Pastikan Anda memasukkan lebih banyak kata kunci yang relevan dengan produk yang Anda jual di judul dan deskripsi untuk mengoptimalkan daftar Anda.
  4. Luangkan waktu untuk menanggapi pesan, pertanyaan, dan kekhawatiran pembeli Anda.  Begitulah cara Anda membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
  5. Tunjukkan gambar produk Anda sedang digunakan.  Selain itu, pastikan Anda menampilkan beberapa gambar yang memamerkan produk Anda pada sudut yang berbeda untuk memberi gambaran kepada pembeli Anda tentang bagaimana produk itu terlihat.
  6. Manfaatkan grup "Beli dan Jual" yang relevan sehingga lebih banyak orang dapat melihat item Anda
  7. Tingkatkan penjualan Anda melalui Iklan Facebook

   

    Berjualan di Facebook Marketplace itu mudah bagi pedagang eCommerce.  Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengintegrasikan Facebook Marketplace ke toko eCommerce Anda.  Toko Anda akan menjalani proses peninjauan Marketplace Facebook.  Ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa produk Anda sesuai untuk dijual di Marketplace.  Setelah itu, katalog produk Anda akan ditayangkan di Facebook Marketplace dan Anda akan siap untuk mulai menjual barang dagangan Anda di tempat pembeli Anda berada.