Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Header

Tips Membuka Usaha Sablon Kaos, Strategi Pasar dan Jenis Sablon


      Usaha berbentuk sablon kaos adalah usaha yang bergerak dalam sektor percetakan design gambar atau tulisan ke kaos yang bisa diperjualbelikan.  usaha ini mempunyai bahan khusus berbentuk kaos dan tentunya tinta alat bikin lain. Ini karena dengan membuka usaha, akan sanggup untuk membuat lapangan kerja untuk diri kita dan orang lain. Di bawah ini akan dibahas beberapa tips mengawali usaha sablon kaos yang dapat buat anda kerjakan.


Hal Yang Perlu Anda Siapkan Saat Ingin Mengawali Bisnis Sablon


1. Menyiapkan Tempat Produksi Sablon Kaos 


Hal pertama yang penting buat anda siapkan saat ingin mengawali usaha yang satu ini yaitu sediakan tempat. Lokasi jadi salah satu perihal penting yang perlu anda siapkan sebelum mengawali usaha sablon ini. Persiapkan tempat dan lokasi yang aman dan nyaman untuk bisnis anda. Hingga, anda juga jadi kerasan untuk jalankan usaha satu ini.


Tidak cuman pilih lokasi yang tepat saja, hal yang lain perlu buat anda kerjakan dalam cari lokasi ialah pilih lokasi yang strategis. Ini karena akan berdampak pada penghasilan anda nantinya. Dengan mempunyai lokasi yang gampang untuk dijangkau, akan mempermudah pelanggan untuk menemukan usaha anda dan juga mudah dalam pemasaranya. 


2. Mempersiapkan Pengetahuan dan Kemampuan dalam Bisnis Sablon Kaos


Tips mengawali usaha sablon kaos seterusnya yang dapat dilakukan ialah mempunyai bekal yang banyak dalam membangun bisnis satu ini. Saat anda sudah mempunyai modal usaha, lokasi dan perlengkapan, tetapi pengetahuan anda akan sektor satu ini masih 0, sudah pasti bisa menjadi bumerang tersendiri. Karena itu, mulai cari tahu lebih dulu tentang bisnis ini dan pelajari sebelum Anda ingin mulai membangun usaha sablon kaos ini. 


3. Menyiapkan Alat dan Bahan dalam Bisnis Sablon Kaos


Disamping itu, kamu juga perlu untuk mempersiapkan bahan bahan yang akan dipakai untuk mengawali bisnis satu ini. Alat dan bahan untuk bikin sablon jadi hal yang penting buat anda persiapkan semenjak awal. Dengan memakai ke-2 hal itu akan membuat anda siap untuk mulai jalankan usaha satu ini. Ada banyak alat dan bahan yang anda butuhkan.


Anda juga dapat sesuaikan dengan tipe sablon dan keinginan dari pelanggan pertama anda. Menyiapkan alat dan bahan sablon yang tepat dan lengkap bisa menjadi salah satunya tips mengawali usaha sablon kaos yang dapat buat anda kerjakan.


4. Mempunyai Dana dan Modal Usaha Sablon 


Dalam mengawali usaha sablon kaos ini, Anda juga perlu untuk mempersiapkan modal. Ini mempunyai tujuan sebagai satu bentuk supaya bisnis anda bisa berjalan. Dana di sini, mempunyai peranan untuk menyiapkan bermacam jenis keperluan untuk jalankan bisnis sablon kaos anda. Dimulai dari pembelian alat, pembelian bahan dan untuk menggaji pegawai juga memakai dana satu ini.


Minimal kamu perlu mempersiapkan modal awalnya usaha seputar Rp10 juta sampai Rp15 juta untuk satu usaha sablon saja. Tetapi, semua bergantung dari layanan tehnik sablon kaos yang pasarkan ke warga luas seperti tehnik sablon digital atau manual.


Contoh Modal yang di butuhkan untuk jalankan usaha ini tidak lah begitu besar, bila di rincikan seperti berikut :

1 unit computer (detail sedang) Rp. 3.000.000.

1 unit Printer DTG (detail rendah) Rp. 8.000.000.

1 unit Mesin Press kaos Rp. 2.500.000.


Sisa modalnya bisa untuk beli kepentingan yang lain diperlukan dalam usaha sablon kaos ini.


5. Buatlah Promo dan Diskon Produk yang Menarik Pelanggan


Poin utama yang lain yang perlu anda kerjakan saat ingin membuka bisnis sablon dengan lakukan promosi dan diskon. Saat anda mengawali usaha, karena itu aktivitas promo ialah hal yang perlu anda kerjakan, hingga bisa menarik pengunjung untuk lakukan dan pesan sablon pada tempat anda. Dengan demikian, mempunyai strategi promo yang baik menjadi tips mengawali usaha sablon kaos yang dapat anda lakukan.


Umumnya pelanggan sekarang ini pilih untuk memakai sablon manual dibanding tipe sablon kaos lainnya. Itu kenapa salah satunya keuntungan dalam membuat bisnis tipe ini ialah pasar konsumen setianya cukup banyak di pasaran. 


Strategi Marketing Produk Sablon Kaos

Beberapa strategi dalam usaha sablon kaos :

  • Penelitian Mengenai Sasaran Pasar dan Strategi Marketing Produk yang bagus
  • Modifikasi produk dengan Design Kaos Yang Up to Date pada masa kini
  • Gunakan semua Social Media yang Anda punya
  • Pakai Mekanisme PO (Pre Order)
  • Kadang-kadang Selenggarakan Promosi dan potongan harga yang Menarik pelanggan 


3 Jenis Usaha Sablon Kaos di Pasaran


Berikut beberapa jenis usaha sablon yang populer di masyarakat, Mulai lah sesuai dengan modal yang Anda punyai. 


1. Sablon Digital/Polyflex


Sablon Digital/Polyflex adalah sablon dengan mencetaknya memakai alat press. Dan adapun alat/peralatan yang diperlukan ialah:


  • Netbook/computer
  • Printer
  • Kertas transfer (transfer paper)
  • Mesin Press Polyflex
  • Mesin cutting (pemotong)
  • Polyflex ( Stiker atau Media yang melekat)
  • Dan Alat Pengelupas


Kelebihan sablon polyflex ialah ongkos yang cukup murah untuk 1x produksi atau cetak kaos dan proses bikin cepat.


Kekurangan ialah tidak dapat cetak banyak dan tidak dapat bikin gradasi warna cuman satu warna. Apabila alat press yang akan dipakai temperatur panasnya tidak teratur maka menyebabkan bahan polyflex gampang terangkat dari kaos saat dibersihkan.


Jadi untuk mesin pressnya selalu harus terurus dan bahan polyflexnya harus juga yang betul-betul asli.


Prediksi modal: seputar Rp. 10.000.000,- lebih (belum terhitung netbook/computer jika belum punya).


Daftar Harga mesin sablon digital Terkini 2021

  • Harga Mesin Press Kaos Sablon Digital Flat EF - 01 38 X 38 = Rp1.899.000
  • Harga Mesin Press Kaos Sablon Digital SUN Small Swing Heat Press Uk 29 X 38 = Rp2.184.000
  • Harga Mesin Press Mug Digital Alat Sablon Bikin Photo Di Mug Gelas Otomatis = Rp1.040.000


2. Sablon Printer Direct To Garmen ( DTG)


Sablon Direct To Garmen ( DTG ) adalah sablon dengan bikin memakai printer khusus untuk bikin pakaian kaos saja. Jadi tidak memerlukan kembali kertas transfer (transfer paper) tetapi tetap memerlukan Computer / Netbook untuk menjalankan.


Tinggal di pasang di lokasi yang telah disediakan pada printer khusus ini. Untuk tipe tinta printer DTG yang digunakan ialah tinta textil tetapi bervariatif.


Kelebihan tipe sablon DTG ialah hasil bikin pada kaos benar-benar tajam dan dapat bikin gradasi warna atau cetak gambar seperti photo. Dan cepat dipakai untuk sablon kaos.


Kekurangannya tipe sablon DTG ialah modal/ongkos awalnya termasuk cukuplah besar dari tipe sablon polyflex. Untuk harga per unit mesin printer DTG yang baru termurah dan terhitung bagus yang saya check di shopee ialah seputar Rp. 14.000.000,-.


Prediksi modal seputar Rp. 15.000.000,- lebih (belum terhitung netbook/computer jika belum punya).


3. Sablon Manual


Umumnya pelanggan sekarang ini pilih untuk memakai sablon manual dibanding tipe sablon kaos lainnya. Itu kenapa salah satunya keuntungan dalam membuat bisnis tipe ini ialah pasar konsumennya cukup jelas.


Untuk membuka usaha kaos sablon manual, peralatan khusus yang dibutuhkan ialah mesin sablon manual.


Minimal diperlukan modal Rp. 5 juta untuk budget sewa tempat usaha, kecil besarnya harga sewa ditetapkan dari tempat sewa dan lokasi tempat sewa itu sendiri.


Selain dari sewa tempat usaha, modal yang diperlukan untuk mengawali usaha ini setelah itu instalasi listrik baru.


Modal yang dibutuhkan kita asumsikan seputar Rp. 1 juta, kemungkinan ongkos ini lebih dapat besar disamakan dengan besar keperluan tempat usaha.


Selanjutnya modal yang selanjutnya yaitu untuk beli peralatan dari perlengkapan administrasi, terhitung didalamnya untuk pembelian perlengkapan seperti computer dan printer untuk ukuran A4.


Budget untuk pembelian peralatan perlengkapan ini sekitar minimalnya Rp. 4 juta.


Bila ditotalkan, minimal untuk saat ini keperluan modal pembukaan usaha kaos sablon sekitar Rp. 10 juta.


Modal yang dibutuhkan ini belum terhitung peralatan mesin sablon dan perlengkapan lainnya.


close