✓ Klinik Gigi Terdekat untuk Perawatan Gigimu - Happy Dental Clinic

SENTUL SITE

Disetiap anggota tubuh kita mulai dari mulut, gigi, jantung, tangan, kaki dan lain sebagainya tentunya memiliki peranan masing-masing dan sama pentingnya. Apabila salah anggota tubuh dan organ tubu kita mengalami sakit tentunya akan mempengaruhi fungsi anggota tubuh lain dan mengurangi rasa tidak nyaman. Salah satu bagian tubuh kita yang kerap luput dari perhatian adalah gigi. Bagi kamu yang berencana untuk melakukan dasar-dasar perawatan gigi, dapat kamu lakukan di klinik gigi terdekat yang berada di sekitar rumahmu. Artikel ini akan membahas mengenai dasar-dasar perawatan gigi yang tentunya wajib kamu ketahui. 


Klinik Gigi Terdekat

Klinik Gigi

Gigi merupakan salah satu penunjang penampilan dan salah satu penanda kesehatan tubuh kita. Bagi beberapa orang, diantara mereka tentunya pasti ada yang menyukai gaya senyuman dengan gigi terlihat. Senyum yang indah dan sehat tentunya dapat kamu capai dengan melakukan perawatan gigi yang tepat. Perawatan untuk gigi dan mulit bisa kamu lakukan di klinik gigi terdekat. 


Lalu, apa sih yang dimaksud dengan klinik gigi? Klinik Gigi adalah sebuah sarana atau tempat yang dibangun untuk melakukan perawatan gigi dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat untuk menjaga,memulihkan, pengobatan dan membantu perawatan gigi mereka. Peran Klinik Gigi dan Dokter Gigi dianggap penting oleh pemerintah sehingga bagi setiap kepersertaan BPJS tidak hanya tercantum Dokter Umum, namun juga akan ada Dokter Gigi.


Permasalahan Gigi dan Mulut yang Kerap Terjadi

Masalah penyakit gigi dan mulut kerap menjadi salah satu gangguan yang sangat meresahkan bagi banyak orang. Selain membuat diri sendiri tidak nyaman, penyakit gigi dan mulut juga mempengaruhi bau mulut sehingga orang lain akan merasa kurang nyaman saat berbicara dengan kita dan juga menurunkan tingkat kepercayaan diri. Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali dampak negatif jika mulut mengalami gangguan. Sayangnya, masih banyak orang tidak mengenali gejala dari penyakit yang ada pada mulut maupun gigi karena acapkali dianggap sepele.


Masalah penyakit gigi dan mulut menjadi gangguan yang sangat meresahkan bagi banyak orang. Selain membuat diri sendiri tidak nyaman, penyakit gigi dan mulut juga mempengaruhi bau mulut sehingga orang lain akan merasa kurang nyaman saat berbicara dengan kita. Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali dampak negatif jika mulut mengalami gangguan. Sayangnya, masih banyak orang tidak mengenali gejala dan kurang aware dari penyakit yang ada pada mulut maupun gigi.


Kesehatan gigi dan mulut tidak hanya terpatok dengan  putihnya warna gigi karena sekarang banyak veneer gigi abal-abal, yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Dibawah ini adalah beberapa permasalahn yang kerap terjadi pada gigi dan mulut, diantara lain:


1. Sariawan

Sariawan adalah salah satu gangguan yang sangat umum terjadi kepada siapa saja dari berbagai kalangan usia. Gangguan ini tentunya tidak mengenal umur atau gender. Namun, kamu bisa mencegah timbulnya sariawan jika menjaga kebersihan mulut secara rutin dan juga teratur. Perlu diketahui bahwa sariawan terjadi oleh beberapa faktor jamur, luka tergigit, atau karena pemakaian gigi palsu. Banyak orang menganggap bahwa sariawan juga menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan Vitamin C sehingga mengomsumi jeruk sangat baik pada saat sariawan.


2. Gigi Berlubang

Penyakit gigi dan mulut selanjutnya yang kerap diderita oleh kebanyakan orang adalah gigi berlubang. Gangguan ini sering terjadi karena jaringan gigi telah berubah menjadi karies. Jika merasakan gejalanya, maka segera pergi ke dokter untuk konsultasi karena dalam beberapa kasus ada yang cukup dilakukan penambalan gigi pada area yang bolong ataupun tindakan cabut gigi. Selain itu, akan menjadi jauh lebih baik jika melakukan tindakan pencegahan. Dengan begitu, gangguan tersebut tidak berubah menjadi lebih berat.


3. Gusi Berdarah

Ada juga gangguan berupa gusi berdarah yang bisa terjadi kepada siapa saja. Biasanya, jika sudah sampai berdarah maka ada masalah yang terjadi pada salah satu dengan bagian tersebut. Salah satu penyebab terjasinya gusi berdarah adalah karena kondisi kotor pada gusi. Kamu bisa membeli obat khusus gusi berdarah di apotik terdekat, namun jika pendarahan tidak juga berhenti dan masih terasa sakit maka lebih baik segera konsultasi ke dokter atau ke Klinik Gigi terdekat.


4. Gigi Abrasi

Gangguan lain yang juga sering muncul adalah gigi abrasi. Penyakit gigi dan mulut tersebut diakibatkan oleh gesekan yang terlalu kuat secara terus menerus. Biasanya, gangguan seperti ini diakibatkan oleh banyak faktor, seperti cara menyikat gigi dengan terlalu keras. Oleh sebab itulah cara mencegahnya adalah dengan memperbaiki cara menyikat gigi agar lebih lembut namun tetap membersihkan gigi secara menyeluruh, tutoriak cara melakukan sikat gigi yang benar bisa kamu cari melalui berbagai sumber.


5. Lubang Besar di Gigi dan Sisa Akar

Perlu dipahami bahwa karena jarang merawat area mulut, maka bisa muncul lubang besar pada gigi yang tentunya akan menimbulkan rasa sakit. Umumnya, makanan manis dan tidak meratanya saat menyikat gigi adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit gigi dan mulut ini. Kondisi tersebut bisa menyebabkan rasa sakit pada area mulut. Bahkan, saat makan pun akan terasa tidak nyaman. 


6. Kanker Mulut

Salah satu penyakit gigi dan mulut yang sangat berbahaya jika dibiarkan adalah kanker. Salah satu gejala jika mengidap kanker mulut adalah sariawan yang tidak kunjung reda dalam jangka waktu lama.  Penyebab kanker mulutpyn bisa sangat beragam, termasuk kurangnya menjaga kebersihan area mulut sehingga terjadi penumpukkan bakteri. Jika dibiarkan, dampaknya bisa meluas ke seluruh area tubuh. Apalagi, rasa tidak nyaman bisa timbul kapan saja dan kamu tidak bisa lagi menikmati makanan seperti sebelumnya dengan penuh rasa nyaman.


7. Tumor Mulut

Selain kanker mulut, tumor mulut juga menjadi salah satu gangguan yang sangat berbahaya. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itulah kamu perlu dan harus berhati-hati. Tumor pada area mulut terjadi saat ada benjolan daging yang tumbuh. Benjolan tersebut mampu mengganggu jaringan hidup pada area mulut rusak karena sifatnya yang mematikan zat baik disekitarnya. Jadi, kamu merasa mengalami tumor mulut maka sebaiknya konsultasikan ke ahli atau dokter gigi jika muncul keanehan atau kejanggalan pada mulut. Penanganan yang tepat dan cepat akan membuatmu terhindar dari resiko paling buruk.


8. Periodontitis

Gangguan ini terjadi pada gusi di mana bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak. Artinya, kamu tidak boleh menganggapnya sebagai gangguan ringan dan biasa. Jika dibiarkan, kamu bisa saja mengalami kerontokan gigi yang tentunya akan sangat mengganggu.


9. Gingivitis

Penyakit ini pada dasarnya hampir sama dengan periodontitis. Gangguan ini sendiri merupakan peradangan pada area gusi yang menyebabkan bengkak. Jika mengalami gejalanya, segera pergi ke Klinik Gigi terdekat untuk melakukan konsultasi dan penanganan yang tepat.


10. Erosi Gigi

Penyakit gigi dan mulut lainnya adalah terkikisnya enamel gigi. Biasanya, hal ini karena terlalu sering terkena asam. Salah satu penyebabnya adalah saat kamu muntah dan mengeluarkan asam lambung.


11. Glositis

Peradangan bukan hanya terjadi pada gusi, tapi juga dapat terjadi pada lidah. Dalam beberapa kasus yang parah, glositis dapat mengganggu jalan nafas sehingga kamu juga bisa mengalami sesak nafas. Sebaiknya segera pergi ke dokter gigi jika kamu mulai merasa lidah menjadi kurang nyaman.


12. Tumbuh Gigi Bungsu

Gangguan ini memang jarang terjadi, tapi saat sudah mulai terasa gejalanya akan membuat tidak nyaman. Pertumbuhan ini seringkali menimbulkan sensasi sesuatu yang mengganjal pada mulut dan terkadang menyebabkan rasa nyeri. Dalam beberapa kasus, gigi bungsu tumbuh dengan tanpa ruang sehingga rentan impaksi, yang pada akhirnya memerlukan tindakan operasi.


13. Gigi Hipersensitif

Gangguan lainnya adalah gigi hipersensitif. Gangguan ini bisa dirasakan saat kamu mengkonsumsi makanan atau minuman dan merasakan ngilu. Biasanya, hal ini terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi terlalu dingin. Penggantian pasta gigi dapat menjadi salah satu solusi yang tepat.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Kesehata gigi tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor penting yang memengaruhi kesehatan gigi:


1. Kebersihan mulut

Indikator pertama dalam kesehatan gigi dan mulut dapat dicek melalui kebersihan mulut. Menyikat gigi dua kali sehari dan flossing sekali sehari adalah langkah awal yang penting untuk menjaga kebersihan mulut.


2. Pola Makan

Pola makan kamu akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Mengonsumsi makanan yang seimbang dan membatasi makanan dan minuman manis dapat membantu mencegah kerusakan gigi.


3. Kebiasaan

Merokok, mengunyah tembakau, dan kebiasaan buruk lainnya dapat meningkatkan risiko masalah gigi dan mulut karena hal tersebut termasuk kebiasaan buruk. Perlunya penerapan menjaga kebersihan gigi dan sejak kecil adalah koentji.


4. Pemeriksaan gigi rutin

Kunjungan dokter gigi ataupun Klinik Gigi terdekat minimal enam bulan sekali untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi profesional perlu dilakukan untuk mengecek kondisi dan mulut kamu.


Peran Penting Klinik Gigi dalam Menjaga Kesehatan Gigi

Klinik gigi menawarkan berbagai layanan yang akan membantu kamu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tersedianya layanan Faskes Satu yang menyertakan Dokter Gigi adalah salah satu bukti peran pemerintah untuk membantu warganya mengatasi permasalahan yang terjadi pada gigi dan mulut. Peran klinik gigi terdekat yang ada disekitarmu, antara lain:


1. Pemeriksaan gigi dan pembersihan gigi 

Dokter gigi akan memeriksa gigi dan gusi kamu untuk mencari tanda-tanda masalah, dan kemudian membersihkan gigi kamu secara profesional untuk menghilangkan plak. Scalling gigi dapat dilakukan setiap 6 atau satu tahun sekali. 


2. Perawatan gigi 

Dokter gigi dapat melakukan berbagai perawatan gigi untuk memperbaiki masalah gigi yang rusak, seperti melakukan tambal gigi,  mahkota gigi, cabut, dan juga erawatan saluran akar gigi agar kualitas gigi kamu menjadi lebih baik.


3. Perawatan ortodonti 

Dokter gigi ortodontis dapat membantu memperbaiki gigi yang tidak rata atau berjejal dengan menggunakan kawat gigi atau alat ortodontik. Salah satu perawatan paling beken dalam beberapa dekade terakhir adalah behel yang dikenal tidak hanya memperbaiki struktur gigi dan rahang serta meningkatkan rasa percaya diri.


4. Perawatan gusi 

Dokter gigi dapat melakukan perawatan untuk mengobati penyakit gusi seperti keluhan gusi berdarah.


5. Pendidikan kesehatan gigi 

Klinik gigi dapat memberikan edukasi tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.


Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat

Saat memilih klinik gigi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah

1. Reputasi dan pengalaman Klinik Gigi Terdekat

Cari klinik gigi dengan reputasi baik dan dokter gigi yang berpengalaman serta SIP yang aktif, untuk orang yang berencana melakukan perawatan behel kami sarankan untuk melakukan perawatan di klinik Ortodonti.


2. Jenis Layanan yang ditawarkan

Pastikan klinik gigi menawarkan layanan yang kamu butuhkan untuk perawatan gigi dan mulut kamu.


3  Lokasi dan Waktu Pelayanan

Pilih klinik gigi yang mudah diakses dan memiliki jam buka yang sesuai dengan jadwal kamu serta fleksibel


4. Biaya yang terjangkau

Sebelum melakukan perawatan diklinik gigi terdekat sebaiknya kamu tanyakan tentang biaya perawatan gigi sebelum kamu memulai perawatan untuk dilakukan persiapan budgeting.


Rekomendasi Klinik Gigi Terdekat di Kota - Kota di Indonesia

Mencari klinik gigi terdekat dapat menjadi solusi tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu. Happy Dental Clinic telah memiliki 23 cabang yang tersebar di mal-mal strategis dan terdekat dengan memberikan pelayanan lengkap untuk anda dan keluarga serta telah bekerja sama dengan berbagai asuransi untuk kenyamanan pembayaran.


Happy Dental Clinic ditangani langsung oleh dokter gigi umum dan spesialis profesional dan berpengalaman. Happy Dental Clinic hadir sebagai pilihan terpercaya dengan lebih dari 16 cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Cibubur, Bekasi, Bandung, dan Batam.


Kelebihan Cek Gigi di Happy Dental Clinic

Memilih dental clinic terdekat bukan hanya soal jarak, tapi juga kualitas layanan dan kepercayaan. Happy Dental Clinic menawarkan beberapa keunggulan yang menjadikan pilihan tepat untuk mendapatkan senyum sehat:


1. Lokasi yang Strategis

2. Dokter Gigi yang Berpengalaman

3. Peralatan yang Modern

4. Harga yang Terjangkau

5. Pelayanan yang Ramah


Cara Mencari Klinik Gigi Happy Dental Clinic yang Terdekat

Menemukan dental clinic terdekat di Happy Dental Clinic Indonesia sangat mudah, cepat, dan praktis. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:


1. Lewat Website Resmi Happy Dental Clinic

Kunjungi website resmi Happy Dental Clinic di https://www.happydentalclinic.com/. Gunakan fitur "Find a Clinic" dan masukkan lokasi Anda untuk menemukan klinik terdekat. Anda juga dapat melihat informasi detail tentang setiap klinik, seperti jenis perawatan yang tersedia, jam buka, dan nomor telepon.


2. Lewat Google Maps

Buka aplikasi Google Maps dan cari "Happy Dental Clinic". Anda akan melihat daftar klinik terdekat beserta informasi kontak dan jam buka.


3. Lewat Whatsapp dan Telegram

Hubungi customer service Happy Dental Clinic melalui aplikasi chat seperti WhatsApp atau Telegram di nomor +62 812-9876-5432. Customer service akan membantu Anda menemukan klinik terdekat dan menjawab pertanyaan Anda terkait layanan dan biaya perawatan.


Akhir Kata

Menemukan klinik gigi terdekat sangat mudah dan praktis demi kesehatan gigimu. Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan, perawatan gigi di klinik gigi Happy Dental Clinic adalah pilihan tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Ayo segera kunjungi Happy Dental Clinic terdekat yang ada dikotamu yaa!!

Tags