Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Header

Fungsi dari Grounding pada Stop Kontak adalah ? Pahami Disini !

     Fungsi dari grounding pada stop kontak - Bagi kalian yang sedang mencari tahu fungsi dari grounding pada stop kontak adalah kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Fungsi dari Grounding pada Stop Kontak adalah

Grounding pada stop kontak

      Dalam teknik listrik, grounding atau tanah adalah titik referensi dalam rangkaian listrik yang darinya voltase diukur, jalur balik yang sama untuk arus listrik, atau koneksi fisik langsung ke bumi.

Keberadaan grounding listrik pada sebuah hunian sangat penting untuk mencegah gangguan pada instalasi listrik. Gangguan tersebut bisa berupa kebocoran arus listrik atau sambaran petir.

meski sifatnya sama, namun pemasangan kabel grounding untuk instalasi rumah dan grounding untuk pernangkal petir pemasangannya harus terpisah.

Dalam grounding menggunakan batang ground. Batang grounding atau as grounding rod adalah alat yang digunakan untuk pelepasan arus listrik kedalam permukaan bumi pada grounding sistem.

Untuk keselamatan, grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung ke bumi atau tanah saat terjadi kebocoran isolasi atau percikan api pada konsleting, misalnya kabel grounding yang terpasang pada badan/sasis alat elektronik seperti setrika listrik akan mencegah kita tersengat listrik saat rangkaian di dalam setrika bocor dan menempel ke badan setrika.

Banyak yang menyepelekan Fungsi dari grounding pada stop kontak. Hal yang yang salah saat memasang stopkontak cabang untuk peralatan listrik adalah tidak menyambung jalur grounding. Sebab dianggap tidak penting, karena tanpa grounding peralatan listrik dapat bekerja.

Kabel ground pada instalasi rumah secara umum terkoneksi di kWh meter PLN. Pada saat pemasangan kWh meter, petugas PLN yang melakukan pemasangan instalasi grounding dan juga menyambung kabel grounding di dalam kWh meter tersebut.


Manfaat Fungsi dari grounding pada stop kontak

     Peralatan rumah yang tidak dihubungkan dengan grounding,dapat menimbulkan masalah. Efeknya ada yang langsung dan tidak langsung.

Maka,peralatan listrik rumah yang dibuatkan jalur grounding sebenarnya protektor buat pemiliknya. 

Berikut manfaat pasang grounding pada stop kontak :

  • Aman dari tersengat listrik induksi.
  • Aman dari tersengat listrik langsung.
  • Efek terpapar induksi elektromagnetik.
  • Melindungi peralatan dari tersambar petir.


Fungsi dari Grounding pada Stop Kontak Rumah

      Stop kontak yang menggunakan grounding dan steker nya bisa dilihat dari jumlah kabel pada stekernya. Alat yang menggunakan sistem ground menggunakan 3 kabel (kabel fasa, netral, dan ground). sedangkan jika steker hanya 2 kabel saja itulah alat listrik yang tidak menggunakan sistem ground.

5 Hal yang Penting Untuk Sistem Grounding Yang Baik pada stop kontak

Selain paham fungsi dari grounding stop kontak ada beberapa hal yang penting dalam perakitanya, yaitu :

1. Konduktor Elektroda Grounding

2. Koneksi Grounding

3. Elektroda Grounding

4. Elektroda Untuk Ketahanan Tanah

5. Tanah

Pada perakitan stop kontak/kabel rol orang awam biasanya menganggap ground ini tidak perlu/atau tidak penting. stop kontak yang menyediakan jalur untuk grounding biasanya hanya dipasang dengan 2 kabel saja dan itu adalah sebuah kesalahan.

Sistem grounding atau arde dipasang sebagai pengaman dari bahaya listrik terhadap manusia dan peralatan. Dan system tersebut harus terpasang dengan baik dalam instalasi listrik rumah agar dapat menjalankan fungsinya.


Cara Memasang Grounding Listrik pada stop kontak dirumah 

     Pemasangan dan fungsi dari grounding pada stop kontak rumah yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

1. Menentukan Titik Penanaman

2. Pasang secara Pararel

3. Memilih Material Grounding Rod

4. Menanam Batang Grounding Rod

5. Penyambungan Grounding Rod pada Kabel

6. Menanam Kabel Grounding Rod


Penutup

      Sekian artikel mengenai Fungsi dari grounding pada stop kontak yang dapat saya rangkum dan share untuk anda sekalian semua.

Semoga kalian semua semakin paham mengenai Fungsi dari grounding pada stop kontak yaa.. dan jika ada suatu hal yang kurang tepat seiring dengan berjalannya waktu yang makin modern ini, itu semua diluar pengetahuan penulis.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.

close