Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membesarkan dan Mengecilkan Volume Alarm Token Listrik

        Cara Membesarkan dan Mengecilkan Volume Alarm Token Listrik - Bagi kalian yang sedang mencari tahu Cara Membesarkan dan Mengecilkan Volume Alarm Token Listrik kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Cara Membesarkan Suara Alarm Token Listrik

Cara Atur Volume Alarm Token Listrik

        Siapa disini diantar kalian yang menggunakan token listrik di rumah? Tentunya untuk zaman sekarang penggunaan token listrik bukanlah suatu hal yang asing. Bagia kalian yang sedang mencari Cara membesarkan dan Mengecilkan Volume Alarm Token Listrik kalian berkunjung kehalaman yang tepat. Bagi kalian semua disini Admin akan memberikan cara membesarkan dan mengecilkan volume alarm token listrik.

Token listrik sendiri memiliki pengertian adalah sebagai sebuah satuan pembayaran yang dipergunakan untuk mengisi ulang daya listrik pada layanan PLN prabayar. Pada token listrik ini, kalian akan mendapatkan 20 digit angka stroom/kode token yang akan digunakan untuk melakukan pengisian daya listrik pada alat Meter Prabayar (MPB).

Token listrik dikenal sebagai jenis listrik praabayar. Bagi sebagian orang, ada yang menganggap token listrik prabayar lebih irit dan murah dibanding token listrik pascabayar atau yang lebih dikenal dengan pembayaran pembelian daya listrik yang jatuh tempo setelah tanggal 20 tiap bulannya.


Cara Kerja Token Listrik

         Salah satu alat kelistrikan yang masuk dalam kategori jajaran penting di PLN adalah kWh meter atau yang lebih dikenal dengan meteran listrik. Untuk saat ini kWh meter terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pascabayar dan prabayar.

Disini apakah kalian mengetahui bagiamana cara kerja token listrik PLN pada kWh meter prabayar? Lalu bagaimana sistemnya menggunakan jaringan internet? Da bagaimana cara kerja token listrik PLN tersebut?

Disini admin akan memberikan pada kalian bagaimana cara kerja token listrik PLN. Dibawah ini adalah cara kerja token listrik PLN :

  1. Pada saat pembelian token listrik maka Id pelanggan yang dikirim oleh kalian dari outlet tempat membeli menuju  server PLN.
  2. Setelah itu id pelanggan kalian akan diproses di server PLN dan setelah itu token keluar beserta dengan nominal dan nama pemilik Id pelanggan.
  3. Token diberikan kepada kalian akan dengan kode angka sebanyak 20 digit.
  4. Setelah itu kalian bisa memasukkannya token ke kWh meter.
  5. Pada saat kalian memasukkan token ke kWh meter, maka sitem microchip (otak kWh meter) akan menerima token dan memverifikasinya apakah tokennya benar atau salah. Apabila kode angka yang dimasukkan benar, maka pulsa listrik di kWh akan bertambah sesuai dengan nominal yang dibeli. Namun jika salah maka akan munucul keterangan “gagal” di LCD kWh meter.


Cara Kerja KWH Meter Digital

          KWh meter atau meteran digital adalah jenis meteran listrik yang menggunakan token / pulsa sehingga biasa juga disebut sebagai prabayar. Nah berikut ini merupakan prinsip dan cara kerja kWh meter atau meteran listrik digital.

Di dalam sebuah kWh meter digital terdapat mikrochip dan sensor yang sangat berperan pada proses penginputan token listrik dan berperan dalam menghitung daya listrik yang digunakan.

         Ketika kalian memasukkan kode token listrik maka mikrochip akan membaca dan memverifikasinya apakah token yang dimasukkan benar atau salah jika benar maka pulsa akan bertambah, jika salah maka akan kWh meter akan menujukkan keterangan gagal.

Nah ketika melakukan proses ini, maka angka token listrik yang dimasukkan merupakan input analog dan setelah itu microchip akan memproses, jika benar maka input analog tersebut diubah menjadi output digital berupa nominal daya listrik yang dibeli dan ditempilkan pada layar LCD.

 

Cara Membesarkan dan Mengecilkan Volume Alarm Token Listrik Dengan Mudah

          Di sisi lain ketika kalian menggunakan daya listrik tersebut maka sensor yang ada pada kWh meter akan mendeteksi dan mengukur seberapa banyak daya yang digunakan.

Kebanyakan kita sering lupa untuk mengisi ulang  pulsa listrik.  Meteran prabayar sudah dilengkapi dengan alarm dan lampu untuk mengingatkan pemilik rumah apabila saldo pulsa listriknya mendekati habis. Meteran prabayar memiliki dua lampu indikator, hijau dan merah.

Lampu warna hijau memiliki arti indikasinya pulsa listrik masih mencukupi. Tetapi, apabila sudah berkedip dan berwarna merah serta muncul suara alarm artinya pulsa listrik sudah hampir habis.

          Nah, untuk mengatur bunyi alarm pada meteran listrik, misalnya diantara kalian ingin mengatur token listriknya hanya berbunyi ketika sisa dayanya tinggal 10 kWh atau sisa 5 kWh, sebagai jaga-jaga supaya kita bisa siap-siap membeli token listrik, berikut adalah cara mengaturnya :

1. Langkah yang pertama  adalah kalian harus tekan tombol 456 pada meteran token listriknya, kemudian diikuti dengan membuat angka batas minimal daya. Misalnya 45610 itu artinya alarm token listrik akan berbunyi ketika pulsanya tersisa 10 kWh

2. Jika sudah selesai memasukan kode angka selanjutnya kalian tekan enter

3. Ketika sudah selesai, setiap pulsa token listriknya tersisa 10 kWh di meteran maka alarm akan otomatis berbunyi.


Cara Mematikan Alarm Token Listrik

Untuk mematikan alarm token listrik kalian bisa menggunakan cara sebagai berikut:

1. Langkah yang pertama, pada meteran silahkan tekan angka 812, berlaku juga untuk beberapa merk meteran prabayar

2. Langkah kedua selanjutnya tekan Enter atau Accept

3. Setelah itu bunyi alarm otomatis akan berhenti.


Akhir Kata

         Demikian diatas adalah artikel mengenai Cara Menmbesarkan dan Mengecilkan Volume Alarm Token Listrik. Semoga apa yang dituliskan admin bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Admin juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~