5+ Kelebihan dan Kekurangan Bahan Corduroy serta Ciri - Ciri Bahannya

SENTUL SITE

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Corduroy - Bagi kalian yang sedang mencari tahu jenis - jenis dan apa saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Corduroy kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..


kelebihan dan kekurangan bahan corduroy

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Corduroy

Halo, apakah diantara kamu semua pernah ada yang menjumpai jaket yang memiliki bahan dasar kan Corduroy? Berkembanganya industry fashion dunia tentunya menghadirkan ragam model serta jenis kain yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Bahan Corduroy adalah salah sattu jenis bahan kain yang saat ini tengah beken untuk diperbincangkan.

Kain Corduroy ini dikenal memiliki jenis kain yang memiliki pola garis-garis parallel yang timbul pada permukaan kainnya. Memiliki ketebalan kain yang baik hal inilah yang membuat bahan kain Corduroy cenderung hangat ketika digunakan pada saat cuaca dingin.

Untuk saat ini bahan kain Corduroy terbuat dari berbagai jenis serat seperti serat katun, rayon, polyester, dan gabungan dari beberapa jenis serat kain lainnya. Selain itu, beberapa kain Corduroy juga kerap digabungkan dengan bahan spandek sehingga kain ini dapat diregang baik secara horizontal maupun vertical. Karakteristik bahan kain Corduroy memiliki karakteristik kain yang tidak kasar, lembut, dan juga tahan lama. Bahan Curodroy cocok untuk digunakna pemakaian jangka Panjang karena bahan kain cenderung awet. 



(ads)


Jenis – Jenis Bahan Kain Corduroy

Dibawah ini adalah pembagian beberapa jenis KainCorduroy, diantara lain :

1. Corduroy Standart

Jenis kain corduroy standar ini memiliki delapan hingga tiga belas wales dalam setiap incinya. Wales sendiri merupakan punggungan benang yang ditumpuk pada kain corduroy yang sangat bervariasi tergantung dari lebar kain corduroy itu sendiri.

2. Corduroy Gajah

Kain Corduroy gajah memiliki jenis serat yang besar dan tebal. Jenis kain Corduroy gajah memiliki jumlah wales yang berada di kisaran antara satu koma lima hingga enam.

3. Pinwale Corduroy

Jenis corduroy pinwale yang satu ini memiliki jumlah angka yang besar dari wales – wales kecil yang ada di setiap inci persegi dan memiliki sekitar dua puluh satu wales per inch panjang kain.

4. Kain Corduroy dengan Pewarnaan Pigmen (Pigment – Dyed Corduroy)

Jenis corduroy yang satu ini mengalami proses dyeing yang akhirnya menghasilkan tampilan yang seperti belang – belang. Karakteristik warna yang satu ini akan semakin jelas setiap kali mengalami proses pencucian. Kebanyakan jenis kain corduroy memang tipe Pigment – Dyed Corduroy).

5. Corduroy Spandex

Jenis kain corduroy yang satu ini memiliki karakteristik yang jauh lebih ‘bisa melar’ jika dibandingkan dengan tipe yang lain. Hal ini dikarenakan oleh campuran bahan spandex selain katun, poly blend dan wol. Pakaian anak – anak biasanya memang terbuat dari jenis kain corduroy yang satu ini.

 

Kelebihan Bahan Kain Corduroy

BahanCorduroy mulai menanjak puncak popularitas setelah menjadi salah satu jenis bahan kain yang menjadi favor singer Indonesian It Girl yaitu Isyana Sarasvati. Pelantun dari lagu Tetap Dalam Jiwa ini memang memiliki banyak pakaian yang menggunakan bahan Corduroy ini loh.

Lalu, apa saja sih kelebihan yang dimiliki oleh bahan kain Corduroy ini? Bagi kalian yang sudah penasaran mengenai kelebihan bahan kainCorduroy, maka saya akan membagikan informasi lengkap serta detail yang dimiliki oleh bahan Corduroy kepada kamu- kamu semua. Dibawah ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan kain Corduroy, diantara lain adalah:

1. Memiliki Tekstur Kain Yang Khas

Bahan Curodry merupakan jenis bahan kain yang sangat cocok untuk dibuat sebagai atasan maupun celana. Bahan ini dikenal akan kelebihan kainnya yang memiliki tekstur kain yang khas yaitu seperti pola garis-garis yang timbul secara permanen dipermukaan kainnya. 

2. Bahan Kain Corduroy Yang Cenderung Kuat

Bahan Coduroy terbilang memiliki serat kain yang tebail. Hal ini pula yang membuat bahan kain Corduroy memiliki kelebihan sebagai salah satu jenis kain yang kuat, kokoh, dan tidak mudah rusak. Selain itu, kain ini dikenal tebal tetapi akan tetap terasa ringan ketika dipakai dan sangat nyaman ketika digunakan pada saat beraktivitas.

3. Tidak Menerawang

Kelebihan nomor tiga yang dimiliki oleh bahan Corduroy adalah memiliki kain yang tidak menerawang. Selain itu, kain ini tidak akan membentuk lekuk badan pemakainya.

4. Hangat

Bahan kain Corduroy dikenal memiliki jenis kain yang hangat dan tahan lama. Hal ini menjadi nilai plus dari kain Corduroy dikarenakan kain ini memiliki serat kain yang rapat serta kuat. Selain itu, untuk perawatan kain ini juga terbilang mudah dan tidak ribet loh.

5. Tersedia Banyak Pilihan Warna

Bahan kain Corduroy ini dikenal tersedia dengan berbagai pilihan warna sehingga kitab isa memilih warna sesuai dengan sere akita.

6. Tidak Mudah Kusut

Hayo, siapa diantara kamu semua yang kerap malas melakukan pekerjaan rumah tangga menyetrika? Bagi orang yang suka praktis dan anti ribet kalian bisa memilih bahan Corduroy ini karena bahan kain ini tidak mudah kusut sehingga kita perlu menyetrikanya berulang kali.



(ads)


Kekurangan Bahan Kain Corduroy

1. Sedikit panas ketika digunakan

2. Harga cenderung mahal

3. Tidak tahan sama detergen jika sering dicuci


Cara Perawatan Kain Corduroy untuk Pakaian

Banyak sekali kelebihan kain yang satu ini dan hal lain yang juga perlu diketahui adalah cara merawatnya. Sebenarnya perawatan yang perlu dilakukan tidak terlalu sulit hanya tinggal menekan area yang kotor saja. Jangan pernah menggunakan sikat saat mencuci kain ini karena bisa membuat seratnya menjadi rusak. Ketika mencuci dengan tangan juga jangan mengucek terlalu kuat.

Kesulitan yang paling umum dilakukan saat menggunakan kain ini adalah kemalasan. Noda yang menempel pada baju tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Noda akan mengendap dan meresap di sela-sela serat sehingga akan lebih susah dihilangkan. Tidak jarang juga noda tersebut akan meninggalkan bekas pada warna kain yang tidak enak dilihat.

Saat noda sangat susah dihilangkan, boleh menggunakan deterjen yang cukup keras untuk menghilangkannya. Jika membutuhkan sikat, sikat gigi adalah hal terbaik yang bisa dipakai karena tidak akan merusak serat kain. Setelah selesai dicuci, proses penjemuran kain ini akan memerlukan waktu cukup lama.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai ciri - ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Bahan Corduroy. Semoga apa yang saya tuliskan mengenai produk bahan fashion ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Saya juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Tags