4+ Tips Cara Membersihkan Mika Plastik yang Buram, Pasti Berhasil!

SENTUL SITE

Cara Membersihkan Mika Plastik yang Buram - Bagi kalian yang sedang mencari tahu apa saja Cara Membersihkan Mika Plastik yang Buram kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

cara membersihkan mika plastik yang buram

Tips Cara Membersihkan Mika Plastik Yang Buram

Jika kamu semua melihat disekitarmu banyak sekali barang – barang baik perlengkapan kantor,sekolah, kendaraan maupun rumah tangga yang terbuat dari bahan miki ataupun plastic. Jika kita membuat hantaran yang kerap dibawa pulang bapak-bapak setelah tahlilan tentunya kita sudah tidak asing dengan sayur yang berada diwadah bening yaitu mika plastik. Ataupun juga mika plastik yang ada pada sebagian mika lampu kendaraan bermotor dengan pemakaian yang sudah cukup lama.

Seiring dengan berjalannya waktu tentunya penggunaan mika plastik yang kerap dipakai akan membuat perubahan pada tampilannya, seperti warnanya yang mulai luntur atau buram. Lalu, bagaimana si cara membersihan mika plastik yang buram?

Bagi kamu semua yang ingin mengetahui cara membersihkan mika plastik yang buram agar terlihat seperti baru lagi maka untuk kamu semua wajib menyimak artikel ini hingga selesai dan jangan beralih kemana-mana.


Penyebab Mika Plastik Menjadi Buram dan Menguning

Mika plastik bisa mengalami perubahan menjadi buram apabila terlalu sering digunakan, terpapar panas yang berlebih, atau prosedur pencuciannya yang kurang tepat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga agar tampilan mika plastik kita menjadi buram. 


Beberapa Tips Cara Membersihkan Mika Plastik yang Buram dan Kusam

Apa cara yang dapat digunakan untuk membersihkan mika plastik yang buram? Bagi kamu semua yang sudah penasaran bagaimana cara membersihkan mika plastik yang buram maka saya siap membagikannya untuk kamu semua. Dibawah ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan mika plastik yang buram:

1. Mengampelas Plastik yang Buram

Langkah pertama untuk membersihkan mika plastik yang buram adalah menggunakan ampelas basah yang digunakan untuk menggosok plastik bening yang telah dibasahi. Gunakan ampelas basah secara bertahap (mulai dari yang kasar hingga halus) untuk menggosok dan menghaluskan permukaan plastik yang buram. Metode ini dikenal memiliki banyak varias. Apabila kamua berniat  ingin membersihkan mika plastik  penutup lampu depan mobil karena oksidasi bisa menimbulkan kekeruhan yang akan mengurangi tingkat kecerahan lampu depan.

  • Terlebih dahulu bersihkan permukaan plastik dengan sabun yang ringan, kain lembut, dan air bersih.
  • Tempelkan lakban untuk melindungi permukaan di sekitarnya (misalnya cat mobil atau krom yang berada di sekeliling penutup lampu). Anda juga bisa menggunakan lembaran plastik yang dilekatkan dengan selotip. 
  • Gosok plastik dengan gerakan memutar menggunakan ampelas yang makin halus secara bertahap. Celupkan ampelas ke dalam air bersih, atau semprot dengan air saat Anda menggosokkannya. Jagalah agar plastik selalu lembap. Gunakan tekanan yang kuat dan merata, tetapi jangan berlebihan. Bilas permukaan plastik dan periksa apakah penggosokan ampelas sudah merata ketika Anda beralih ke ampelas yang lebih halus.
  • Untuk menangani benda secara lebih agresif (seperti pada penutup lampu depan mobil), gunakan ampelas dengan grit (tingkat kekasaran) 400, 600, dan 2000 (makin besar angkanya, makin halus ampelas). 
  • Sebagai tindakan yang lebih hati-hati ketika menangani penutup lampu depan (atau kaca depan kapal, misalnya), cobalah menggunakan ampelas dengan grit 1000, 1500, 2000, 2500, dan selesaikan dengan grit 3000. 


2. Menggunakan Pomelas Abrasif

Apabila kamu kurang cocok menggunakan amples maka bisa ada metode lain loh. Gunakan kompon pemoles abrasif untuk menghaluskan permukaan plastik. Setelah benda plastik dibilas hingga benar-benar bersih dan dikeringkan dengan kain lembut tanpa serat, oleskan kompon pemoles untuk menghaluskan penggosokan. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen kompon, tetapi lakukan ini dengan sangat perlahan agar bisa memasukkan kompon ke permukaan plastik dengan baik. 

  • Beli kompon pemoles abrasif yang dirancang untuk plastik di toko perlengkapan mobil atau bengkel motor/mobil.
  • Jika benda plastiknya tidak perlu ditangani seperti ini, Anda bisa menggosokkan alkohol pada permukaan plastik yang telah dibilas hingga bersih untuk menghilangkan minyak, debu, dan residu yang masih menempel. 


3. Menggunakan Baking Soda

Cara membersihkan mika plastik yang buram juga bisa kita lakukan dengan menggunakan bahan yang sangat mudah ditemukan yaitu baking soda. Barang-barang dengan bahan plastik ini memiliki keuntungan seperti membuat barang yang dilapisi menjadi lebih kuat dan tahan akan debu, lembap, perubahan suhu atau tekanan tumpuan.

Cara membersihakn mika plastik yang buram dengan baking soda juga terbilang cukup mudah. Campurkan sedikit bubuk soda kue dengan air dan lumaskan pada bagian yang ternoda. Gosok secara perlahan dengan menggunakan lap mikrofiber atau lap terbuat dari bahan kapas.


4. Dengan Menggunakan Cairan Pengapus Kutek

Apakah diantara kamu semua ada yang kerap menggunakan kutek? Bagi Wanita Muslimah penggunaan kutek memang diperbolehkan apabila sedang tanggaal atau menstruasi. Oleh karena itu, saat ini sudah tersedia banyak cairan penghapus kutek yang beredar di pasaran untuk membantu proses penghapusan kutek.

Tetapi, setelah diteliti lebih jauh ternyata untuk cairan penghapus kutek tidak hanya bisa digunakan untuk menghempas cat kuku kita. Ada manfaat tersembunyi yang dimiliki oleh cairan penghapus kutek. Cairan penghapus kuteks juga bisa digunakan untuk membantu membersihkan mika plastik yang buram.

Cara penggunaan cairan pengapus kuteks untuk membersihkan kutek sendiri juga terbilang cukup mudah. Cara adalah yang pertama kamu tuangkan terlebih dahulu sedikit demii sedikit aseton (cairan penghapus kutek) di kapas atau lap mikrofiber, jika sudah maka secara perlahan bagian mika plastik yang buram.  Disarankan untuk menguji coba aseton pada bagian kecil lapisan mika sebelum penggunaan seutuhnya.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel Cara Membersihkan Mika Plastik yang Buram yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat dan dipahami kalian semua. Kami mohon maaf apabila ada dari tulisan ada kurang jelas. Thank you and see you on the next article. Byeee~

Tags