Penggunaan Google Sites yang Paling Efektif dalam Dunia Pendidikan

SENTUL SITE

         Penggunaan Google Sites yang Paling Efektif dalam Dunia Pendidikan - Bagi kalian yang sedang mencari tahu Penggunaan Google Sites yang Paling Efektif dalam Dunia Pendidikan kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Penggunaan Google Sites yang Paling Efektif dalam Dunia Pendidikan

Penggunaa Google Sites yang Efektif dalam Dunia Pendidikan

          Sesuai dengan adanya perkembangan zaman, tentu saja pendidikan semakin dimajukan dengan apa globalisasi dan IPTEK. Penggunaan Google sites adalah salah satu bukti pesat makin berkembangnya pendidikan diera globalisasi ini.

Selain itu, dengan adanya perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi memberikan banyak dampak yang bisa memudahkan. Pembelajaran tidak harus selalu bertatap muka tetapi bisa dialihkan dengan menjadi via online salah satu Google Sites? Apasih itu google sites? Lalu penggunaan Google Sites apa sajakah yang paling efektif dalam dunia pendidikan? Semuanya sudah Minku rangkum jadi kalian jangan sampai melewatkan berbagi informasi yang Minku akan bagikan untuk kalian semua.


Pengertian Google Sites

         Google Sites adalah layanan berbasis website yang bisa digunakan untuk pribadi maupun professional dan tanpa dipungut biaya atau digunakan secara gratis. Google Sites adalah salah satu layanan yang dibuat oleh Google dan dapat digunakan sebagai tools untuk membuat website.  Selain itu, Google Sites juga kerap digunakan sebagai e-learning.


Fitur – fitur Google Sites

Dibawah ini adalah beberapa fitur dari Google Sites, yaitu adalah :

  • Terdapat kalkulator
  • Translate bahasa
  • Pencarian file
  • Data public
  • Pengelola waktu


Kelebihan Google Sites

        Dibawah ini adalah kelebihan dari Google Sites yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran para siswa :

1. Gratis

Dalam mengakses Google Sites kita tidak pungut biaya sepeserpun dikarenakangratis.

2. Cepat dan Mudah

Layanan ini adalah layanan yang mudah diakses sehingga kita tidak kebingungan dalam mengaksesnya. Selain itu, 

3. Google Sites itu “Fleksibel”

Kelebihan selanjutnya dari Google Sites adalah ia fleksibel. Kita bisa menggunakannya untuk apa saja seperti yang kita inginkan dan sesuai dengan kebutuhan kita.

4. Google Sites memberikan keamanan yang maksimal

Google Sites adalah suatu bentuk layanan yang disediakan oleh Google, sehingga semua aspek termasuk keamanan dan pembaruan perangkat ditanggung jawabbi oleh Google. 


Kekurangan Google Sites

         Disetiap kelebihan pastinya ada kekurangan, dibawah ini adalah kekurangan dari Google Sites, yaitu :

  • Sulit dalam membangun branding
  • Tidak leluasa dalam kustomisasi penammpilan Google Sites meskipun sudah tersedia template

Baca Juga : Grup WA Pendidikan

Manfaat Google Sites yang Efektif dalam Dunia Pendidikan

         Tiap layanan yang dibuat oleh Google selalu memiliki beragam manfaat dan kelebihan. Lalu apa sajakah manfaat dari Google Sites? Dibawah ini adalah manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan Google Sites sebagai e-learning, yaitu :

1. Google Sites dapat digunakan untuk memantau tugas siswa

Google Sites dapat digunakan oleh tenaga pengajar atau pendidik untuk memantau dan mengunduh tugas-tugas yang telah dikerjakan oleh para siswa. Selain itu, situs ini juga memiliki batasan waktu dalam pengunggahan tugas sehingga dosen dan guru dapat mengtahui siswa siapa saja yan terlambat dalam pengumpulan tugas.

2. Google Sites dapat digunakan sebagai sarana untuk memberikan tugas

Dosen atau pengajar menggunakan Google Sites sebagai sarana untuk memberikan tugas yang telah disiapkan.  Selain itu, dengan adanya website ini mahasiswa diharpkan aktif melalui e-learning dan mengunjungi website dosen agar tidak ketinggalan informasi mengenai tugas-tugas yang telah diberikan.

3. Sebagai sarana untuk mengunggah materi pembelajaran

Dengan adanya layanan Google Sites, para pendidik dan pengajar sudah tidak perlu membagikan materi melalui email ataupun flashdisk, dikarenakan materi pembelajaran dapat dikirimkan dengan mudah melalui Google Sites.

4. Dapat digunakan sebagi media menyampaikan pengumuman

Google Sites dapat digunakan sebagai media menyampaikan pengumuman terkat dengan sistem pembelajaran atau kegiatan kelas yang lain.


Efektifitas Penggunaan Google Sites dalam Dunia Pendidikan

         Google Sites dapat menjadi salah satu solusi yang efektif dalam dunia pendidikan karena awal mulanya aplikasi ini memang digunakan untuk kebutuhan pendidikan.  Aplikasi yang dirilis pada tahun 2008 ini dapat memberikan dampak positif jika pemanfaatannya dilakukan dengan benar. Dibawah ini adalah contoh pemanfaatan Google Sites :

1. Google Sites dapat digunakan media ujian online

Zaman sekarang, membuat ujian online merupakan suatu hal yang lazim, selain itu sekarang juga tidak sedikit yang memanfaatkan Google Sites untuk membuat ujian online dengan Google Form karena gratis.

2. Dapat dimanfaatkan sebagai perpustakaan digital

Sekarang membaca tidak harus di perpustakaan secara offline dikarenakan sudah ada perpustakaan digital yang disediakan Google Sites sehingga kita bisa membaca melalui ebook yang telah tersedia.

Baca Juga : Grup Telegram Pendidikan

Akhir Kata

          Demikian diatas adalah artikel mengenai Penggunaan Aplikasi Google Sites yang Efektif dalam Dunia Pendidikan. Semoga apa yang dituliskan admin bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Admin juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~

Tags