5+ Manfaat dan Jenis - Jenis Paranet untuk Teras Rumah Terbaru 2023

SENTUL SITE

Paranet Untuk Teras Rumah - Bagi kalian yang sedang mencari tahu jenis - jenis dan manfaat paranet untuk teras rumah kalian serta harganya kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Paranet untuk Teras Rumah

Paranet Untuk Teras Rumah

Indonesia memang memiliki cuaca yang cukup panas apalagi ketika musim kemarau. Banyak orang mencari cara untuk mengurangi tingkat kepanasan hawa yang ada. Mulai dari menanami tumbuhan dan memasang paranet. Ternyata, paranet juga bisa dipasang di teras rumah.

Apa sih itu paranet? Sebagian dari kalian mungkin ada yang asing dengan apa itu paranet. Untuk itu, Minku telah merangkum untuk kalian didalam artikel ini yang berjudul Paranet Untuk Teras Rumah.

Paranet adalah sebuah jaring yang memiliki tingkat kerapatan yang tinggi. Paranet terbuat dari bahan plastik. Paranet memiliki daya tahan yang cukup untuk menghadapi berbagai perubahan cuaca dan suhu, umumnya Paranet bisa bertahan 2 hingga empat tahun.

Pada umumnya, Paranet biasanya digunakan di lahan pertanian. Tingkat kerapatan Paranet hingga 65%. Tidak hanya kerap dipasang di lahan pertanian, Paranet juga kerap dipasang di tempat penjualan tanaman-tanaman hias. 

Tapi, untuk sekarang paranet juga kerap dipasang untuk rumah. Lalu apa saja sih fungsi Paranet untuk rumah? Dibawah ini adalah fungsi Paranet.


Manfaat Paranet untuk Teras Rumah

Paranet untuk saat ini juga kerap dipasang  di rumah-rumah. Pemasangan Paranet untuk rumah juga banyak memberikan manfaat dan fungsi. Dibawah ini adalah fungi Paranet untuk rumah dan teras rumah, yaitu :

1. Paranet Memiliki Fungsi Mengendalikan Sirkulasi Udara

Salah satu fungsi Paranet yang penting adalah mampu mengendalikan sirkulasi udara. Meskipun secara “kelihatannya” teras rumah tidak tertutup secara sempurna oleh Paranet, ternyata hal ini membawa perbedaan.

Perbedaannya adalah, meskipun udara tetap bisa masuk melalui rongga kecil dari Paranet ternyata udara yang masuk adalah udara bertekanan rendah. Selain itu, hal ini juga memberikan arti bahwa Paranet dapat mempertahankan sirkulasi udara yang baik ke masuk ke tanaman dan teras rumah.


2. Paranet Mampu Menahan Air Hujan

Terkadang apabila terjadi hujan yang deras membuat kita sedikit was-was takut terjadinya banjir, dan mengenai serta merusak tumbuhan. Tetapi, ternyata Paranet memiliki fungsi mampu menahan air hujan.

Hal ini disebabkan oleh terhalangnya air yang masuk melalui Paranet menjadi sedikit berkurang. Sehingga kaliam tidak perlu cemas akan adanya tanaman hias kalian rusak akibat hujan lebat.


3. Paranet Mampu Menyaring Sorot Sinar Matahari

Tidak hanya hujan deras yang meresahkan, tetapi terik matahari juga kerap kali menjadi momok. Eits, tenang saja jaring sejuta manfaat ini mampu menyaring sorot sinar matahari.

Panas terik matahari tidak hanya membuat hawa menjadi gerah tetapi juga dapat membakar tanaman hias sehingga menjadi layu. Sebenarnya, untuk masalah penanganan terik matahari kita bisa memindahkan tanaman secara silih berganti. Tetapi, manusia juga mempuanyai sisi mager he-he

Dengan adanya Paranet dapat sedikit menghalau panas matahari karena teras rumah menjadi sedikit teduh dengan adanya benda ini. Jadi kalian tidak perlu was-was lagi dengan terik matahari yang terasa akan membakar.


4. Mampu Menyaring Angin Kencang

Indonesia negara yang sangat luas memiliki berbagai macam cuaca dan hawa. Beberapa daerah adalah daerah yang kerap mengalami kencang. Adanya angin kencang tidak hanya merusak tumbuhan tapi juga bisa mengobrak abrik teras rumah yang telah ditata sedemikan rupa. 

Paranet untuk teras rumah mampu menyaring angin kencang. Hal ini disebabkan saat angin bertiup tekanan udara yang dihalau Paranet akan berkurang karena terhalang oleh jaring.


5. Paranet Mampu Melindungi Tumbuhan

Paranet kerap dipasang untuk teras rumah. Tetapi apakah kalian pernah memperhatikan disekitar rumah kalian tidak ada hama? Apakah disini rumah kalian ada yang kerap dikunjungi oleh burung dan serangga lainnya yang kerap kali merusak tanaman?

Dengan adanya Paranet mampu menghalau para hama masuk karena bagian atas teras rumah dan taman tertutupi oleh jaring-jarang yang cukup rapat. Paranet bisa menjadi solusi bagi kalian yang tamannya diganggu oleh hama dan hewan-hewan.


Jenis-jenis Paranet untuk Teras Rumah

Paranet umumnya terbuat dari bahan yang mengandung polietilen berbentuk anyaman jaring plastik. Bahan polietilen biasanya berasal dari nylon (senar) atau plastik. Namun, ada beberapa paranet yang terbuat dari tambang dan kawat. Bahan tambang dan kawat jarang diminati oleh penggiat tanaman, karena tambang memiliki jarak antar lubang yang lebar saat dianyam sedangkan kawat mudah berkarat.         

Paranet yang dijual di pasaran memiliki tingkat kerapatan anyaman yang berbeda. Kerapatan paranet yang umum ditemukan antara lain 40%, 50%, 55% hingga 90%. Kerapatan paranet yang ditandai dengan persentase menunjukkan kemampuan paranet untuk menahan intensitas cahaya matahari yang mengenai tanaman. Semakin besar persentase, semakin rapat anyaman paranet ya. Untuk pemasangan paranet teras rumah kalian bisa menyesuaikan sendiri ya. kalo untuk perawatan tanaman baru kalian harus sesuai agar pertumbuhanya baik ya.


Harga Paranet untuk Teras Rumah

Berapa sih harga Paranet itu? Di pasaran saat ini, ada dua jenis dan ukuran paranet yang bisa dipilih. Pertama, paranet berukuran lebar 3 meter dan satu roll. Bagi kalian yang penasaran dengan harga Paranet, tergantung dari jumlah kapasitasnya. Untuk Paranet 65% dengan lebar 3 meter berkisar dari  Rp 11.000 hingga Rp 40.000. Dan untuk Paranet 70% dengan lebar 3 meter berkisar Rp 12.000 hingga Rp 20.000 untuk permeternya. Untuk harganya di pasaran kira2 seperti tabel dibawah ya. Sebelum membelinya pastikan untuk menyesuaikan dengan lebar dan panjang teras rumah kalian atau sesuai keinginan kalian mau dibuat dekorasi seperti apa.

1. Harga Paranet Lebar 3 Meter

  • Paranet 70% Lebar 3 Meter sekitar Rp 30 ribu
  • Paranet 65% Lebar 3 Meter sekitar Rp 18 ribu
  • Paranet 75% Lebar 3 Meter sekitar Rp 26 ribu

2. Harga Paranet 1 Roll

  • Paranet 70% (3 x 100 meter) >>>Lokal Rp 1,7 juta
  • Paranet 50% (1.8 x 50 meter) >> Import Rp 610 ribu
  • Paranet 85% (3 x 100 meter) >> Import Rp 1,7 juta

Anda bisa memilih untuk membeli ukuran yang mana, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan di teras rumah kalian ya.

Aplikasi Paranet di teras rumah kalian tentunya membuat suasana bersantai lebih nyaman ya. Sebelum kalian memilih paranet untuk mendekorasi rumah kalian pastikan mempertimbangkan hal hal diatas ya.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai aplikasi Paranet untuk Teras Rumah. Semoga apa yang dituliskan Mintul bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Minku juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~

Tags