3+ Perbedaan Bahan Rayon Viscose, Rayon Twill, dan Rayon Premium

SENTUL SITE

Perbedaan Rayon Viscose, Rayon Twill, dan Rayon Premium - Bagi kalian para penyukan fashion yang sedang mencari tahu apa saja Perbedaan Rayon Viscose dan Rayon Premium, Perbedaan Rayon Twill dan Rayon Premium, serta Perbedaan Rayon Twill dan Rayon Viscose kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..


Perbedaan Rayon Viscose dan Rayon Premium,Perbedaan Rayon Twill dan Rayon Premium,Perbedaan Rayon Twill dan Rayon Viscose

Perbedaan Rayon Viscose, Rayon Twill, dan Rayon Premium

Bahan Rayon hingga saat ini masih menjadi pilihan kain dalam dunia industry tekstil. Bahan ini dikenal memiliki kemampuan serat yang tinggi yaitu sekitar 11 -13%. Bahan rayon dikenal sangat cocok digunakan sebagai pembuatan berbagai jenis pakaian.

Apakah diantara sobat mintul ada yang sempat mendengar mengenai bahan kain Rayon? Bahan kain Rayon adalah kain yang materialnya terbuat dari bahan alami yaitu diambil dari dinding sel tumbuhan atau pulp kayu yang telah dilarutkan.

Bahan kain rayon ini dikembangkan pertama kalai oleh ilmuwan Prancis Bernama Hilaire de Chardonnet pada tahun 1884. Selain itu, untuk menghasilkan jenis bahan kain Rayon kerap kali diberi campuran bahan kimia dan dikombinasikan dengan serat spandek, jersey, maupun polyester.


(ads)


Karakteristik Yang Dimiliki Bahan Kain Rayon

Sebagai bahan yang terbuat dari beberapa jenis spesies pohon, tentunya bahan kain rayon memiliki karakteristiknya sendiri. Apakah diantara sobat mintul ingin mengetahui apa saja karakteristik yang dimiliki oleh bahan kain Rayon?

Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh bahan kain Rayon :

1. Bahan kain rayon memiliki unsur kimia didalamnya yaitu karbon, hifrohen, dan oksigen

2. Bahan kain Rayon dikenal mampu menyerap keringat seperti bahan kain katun

3. Bahan kain Rayon akan selalu terasa nyaman Ketika digunakan dan juga mudah untuk diberikan warna

4. Bahan kain Rayon dikenal dengan warnanya kainya yang cerah sehingga memanjakan mata

5. Bahan kain rayon tidak mudah kusut dan selembut sutra.


Jenis – Jenis Kain Rayon Di Pasaran

Kain Rayon adalah jenis bahan kain yang memang sudah sangat populer dipasaran. Dalam industri textile Indonesia, bahan kain Rayon kerap digunakan karena dirancang khusus untuk daerah tropis sehingga dapat menyerap keringat dan tetap terasa sejuk ketika digunakan.

Untuk bahan kain rayon sendiri yang berada didalam pasaran tidak hanya satu jenis. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada beberapa jenis bahan rayon yang berbeda. Jadi, sebelum kita membahas tentang perbedaan yang dimiliki oleh bahan kita harus mengetahui jenis kain Rayon.

Jenis – jenis bahan kain Rayon yang beredar dipasaran :

1. Rayon Viscose

Viscose adalah jenis kain rayon semi-sintetis yang terbuat dari pulp kayu yang digunakan sebagai pengganti sutra, karena memiliki drape dan kesan halus yang mirip dengan bahan mewah. Istilah "viscose" mengacu secara khusus pada larutan pulp kayu yang diubah menjadi kain.

2. Rayon Premium

Rayon Premium adalah serat selulosa yang dibuat oleh manusia dan termasuk ke dalam serat semi-sintetis , serat ini berasal dari tumbuhan alami (seperti pohon beech atau bambu), rayon mengalami proses kimia yang intensif, sehingga kita menyebutnya sebagai bahan semi-sintetis.


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ceruti

 

3. Rayon Twill

Rayon twill merupakan rayon yang memiliki serat/beralur diagonal sehingga disebut twill. Rayon ini merupakan tipe rayon yg paling bagus ketebalannya dengan tidak mengurangi rasa adem, jatuh dan tidak mudah kusut.

4. Rayon Spandek

Rayon spandex atau spandek rayon adalah bahan spandek yang dibuat dari campuran serat spandek dan rayon. Kain spandek jenis ini menjadikan bahan lebih lembut serta adem dipakai. Kainnya pun lebih fleksibel atau mudah melar dan mampu menyerap keringat dengan baik.


Perbedaan Rayon Viscose dan Rayon Premium

Bahan kain Rayon Viscose adalah salah satu jenis bagian bahan kain rayon yang saat ini tengah diminati. Bahan ini dikenal sangat cocok digunakan sebagai pembuatan kaos baik bagi pria maupun Wanita. Selain itu, bahan Rayon Viscose dikenal sebagai sebuah serat yang cukup ramah lingkungan dan memiliki konsep yang sustainable fashion.

Bahan Rayon Viscose dikenal sebagai bahan yang tidak memerangkap panas tetapi juga menyerap air serta keringat sehingga bahan ini juga cocok digunakan sebagai bahan pembuatan kaos olahraga.


(ads)


Sedangkan untuk bahan Rayon Premium adalah bahan rayon yang memiliki tekstur yang tebal, solid, dan tidak terawang. Bahan Rayon Premium dikenal memiliki kualitas yang baik serta bahannya yang ‘jatuh’ sehingga sangat cocok untuk dibuat mukena.  Secara keseluruhan, bahan ini dikenal memiliki tekstur yang halus, nyaman, dan lembut Ketika disentuh.

Untuk perbedaan yang dimiliki oleh bahan Rayon Premium dan Rayon Viscose adalah Rayon Premium lebih mudah menyusut sehingga pada saat mencucinya harus lebih hati-hati.


Perbedaan Rayon Twill dan Rayon Premium

Secara umum, istilah kata bahan Rayon Twill berasal dari dua kata yaitu Rayon dan Twill. Rayon sendiri seperti yang sudah kita ketahui adalah sebuah jenis kain yang terbuat dari serat selulosa atau dinding sel tumbuhan. Sedangkan untuk istilah twill berasal daripada acuan Teknik penenunan pembuatan kain ini.

Bahan kain Twill dikenal memiliki jarak antar benang yang tidak terlalu rapat serta memiliki pola diagonal atau kotak-kotak pada permukannya. Bahan Rayon Twill dikenal memiliki serat yang lebih kuat dibandingkan kain rayon pada umumnya. 

Sedangkan untuk bahan Rayon Premium memiliki karakteristik yang sejuk dan adem. Perbedaan yang dimiliki diantara bahna Rayon Twill dan bahan Rayon Premium adalah saat Teknik tenunnya.


Perbedaan Rayon Twill dan Rayon Viscose

Bahan Rayon Viscose adalah salah satu jenis bahan yang tengah diminati untuk saat ini. Bahan ini dikenal memiliki kilauan yang membuatnya terlihat cantik dan menjadi terlihat seperti sutra.

Sedangkan untuk bahan rayon twill juga merupakan salah satu jenis kain yang saat ini kerap digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Bahan ini kerap digunakan sebagai bahan pembuatan baju atasan, rok, hingga celana Panjang.


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Shakila

 

Perbedaan yang dimiliki dari Rayon Viscose dan Rayon Twill adalah pada Teknik tenunnya dan bahan rayon twill tidak memberikan kilauan seperti sutra. 


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Perbedaan Bahan Kain Rayon Viscose, Rayon Twill, dan Rayon Premium. Semoga apa yang dituliskan Mintul mengenai produk fashion ini dapat  bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintul juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Tags