5+ Kelebihan dan Kekurangan Bahan Knit serta Ciri - Ciri Bahannya

SENTUL SITE

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Knit - Bagi kalian yang sedang mencari tahu ciri - ciri dan apa saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Knit kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..


Kelebihan dan Kekurangan Bahan Knit

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Knit

Bahan knit atau pakaian yang rajut raujut tentunya bukanlah hal yang asling lagi untuk saat ini. Bahan ini memang popular terutama didaerah pegunungan yang dingin. Llau apa saja kelebihan dan kekurangan bahan knit? 

Bagi sobat mintul yang penasaran maka kali ini adalah rangkuman tenatng berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahan knit. Jadi pastikan simak artikel ini hingga selesai dan jaga kemana-mana.


Bahan Knit Seperti Apa?

Bahan kain Knit adalah salah satu jenis bahan yang kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaos. Bagi Sebagian masyarakat awam, untuk bahan kain knit sendiri kerap identik dengan bahan rajut atau bahan sweater yang tebal dan bermotif, bukan sebagai bahan knit yang menjadib bahan kaos.


(ads)


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa industry fashion memang terus berkembang. Palah designer tidak hanya merancang pakaian untuk musim panas, tetapi sekarang sudah banyak pakaian yang dapat digunakan pada musim dingin salah satunya dengan rancangan – rancangan pakaia berbahan knit.

Bahan Knit memang dikenal sebagai bahan rajut. Pakaian dengan bahan ini cocok digunakan saat musim hujan atau apabila diluar neger cocok digunakan pada saat musim dingin atau musim semi untuk menghangatkan tubuh. Bahan kain knit yang awalnya tidak cocok untuk daerah tropis apalagi daerah yang dilewati garis khatulistiwa untuk sekarang tengah mengalami reformasi. Sekarang sudah tersedia berbagai variasi bahan knit dengan bahan yang menjadi lebih tipis dan tentunya sangat cocok untuk digunakan didaerah tropis.


Karakteristik dan Ciri - Ciri Bahan Knit

Sebelum kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahan Knit, tentunya kita harus menegtahui ciri – ciri dan karakteristik yang dimiliki oleh bahan knit agar kita dapat membedakannya dengan kain yang lainnya.

Bahan Knit memiliki ciri utama yaitu bisa digunakan sebagai bahan kaos. Bahan knit memiliki permukaan yang lembut, benang yang digunakan juga lebih kecil dibandingkan dengan bahan kain rajut crochet, tidak terlalu berbulu, mampu mneyerap kerap keringat dengan baik, elastis, memiiliki permukaan yang rata, dan sangat nyaman digunakan untuk pemakaian sehari – hari. Selain itu, untuk bahan knit juga tidak mudah lusuh.

Bahan knit juga salah satu jenis bahan yang timeless dan tidak lekang waktu. Bahan knit bisa digunakan oleh laki – laki atau perempuan serta bahan ini juga dapat digunakan oleh berbagai usia. Alias bahan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian untuk anak – anak maupun orang dewasa.


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Ceruti

 

Cara Merawat Bahan Knit agar Awet

Terakit dengan pemanfaatannya dalam idnustri sandang serta tekstil, untuk saat bahan knit dapat digunakan dan dibuat untuk berbagai mode fashion. Bahan knit dalam pemanfaatannya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, sweater, cardigan, vest rajut, syal, tas, topi, kaos dan lain-lain.

Lalu bagaimana sih cara perawatan bahan knit yang kita miliki agar tetap awet? Untuk kali ini mintul akan membagikan tips and trik merawat bahan knit agar tetap awet diantara lain :

1. Pisahkan pakaian dengan bahan knit dengan pakaian yang lainnya.

2. Pada saat meuncuci bahan kni, cucilah bagian dalamnya agar bagian luar terlindungu dari resiko gesekan yang akan menyebabkan robekan.

3. Pada saat bilasan terakhir, kalian tidak memerlukan softener arena dapat membuat serat serat dari bahan knit menjadi menggumpal.

4. Bahan Knit tidak perlu untuk disetrika, jadi setelah dicuci kita bisa langsung menyimpannya setelah dilipat.


Kelebihan Bahan Knit

Apakah diantara kalian sudah ada yang menunggu-menunggu kelebihan apa saja yang dimiliki oleh bahan kain Knit? Dibawah ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh bahan Knit si rajut yang nyaman untuk digunakan :

1. Lembut

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh bahan knit adalah lembut. Bahan knit sendiri memiliki bahan dasar kapas sehingga akan terasa lembut dan sangat nyaman Ketika digunakan. Dengan tekstur yang lembut bayipun akan tetap nyaman sata menggunakan pakaian dengan bahan knit.


(ads)


2. Memiliki Jenis Kain Yang Tebal

Bahan knit dikenal memiliki bahan yang tebal. Bahan knit dikenal memiliki karakteristik yang tebal dan tidak tembus pandang sehingga kain ini snagat nyaman digunakan pada saat hawa dingin.

3. Lentur dan Elastis

Kelebihan yang lain dari bahan knit adalah bahannya yang lentur atau fleksibel. Bahan knit sangat cocok bagi kalian yang tidak berpakaian secara ketat.


Kekurangan Bahan Knit

Tidak hanya memiliki berbagai kelebihan, ternyata untuk bahan knit sendiri masih memiliki beberapa kekurangan. Dibawah ini untuk sobat mintul yang setia menunggu berikut adalah kekurangan yang dimiliki oleh bahan knit :


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Voxy untuk Pakaian

 

1. Sulit Untuk Dicuci

Bahan knit terbuat dari bahan benang yang cukup tebal. Karena bahannya yang tebal untuk bahan knit termasuk sukar untuk dicuci. Selain karena bobtnya yang akan bertambah pada saat terkena air, penggunaan detergen yang berlebihan juga akan merusak tekstur kain.

2. Mudah Rusak

Memiliki bahan yang lembut membuat bahan knit meiliki kekurangan mudah rusak apabila bahan ini dicuci dengan cara yang salah. Selain itu, apabila kita mengucek dengan cara yang salah pula maka akan membuat benag-benang tipis dari bahan knit keluar dan merusak rajutannya.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Bahan Knit. Semoga apa yang dituliskan Mintul mengenai produk fashion ini dapat  bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintul juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Tags