5+ Kelebihan dan Kekurangan Kain Taffeta serta Ciri - Ciri Bahannya

SENTUL SITE

Kelebihan dan Kekurangan Kain Taffeta - Bagi kalian yang sedang mencari tahu ciri - ciri dan apa saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Taffeta kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..


Kelebihan dan Kekurangan Bahan Taffeta

Kelebihan dan Kekurangan Kain Taffeta

Haloo, Kembali lagi dengan saya akan hadir menulis dan bercerita kepada kalian dengan membawa tema artikel seputar kain. Pembahasan mengenai kain ini memang tidak akan ada habisnya karena banyaknya jenis dan merek kain yang beredar dipasaran.

Untuk kali ini saya datang akan membawa informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahan Taffeta. Jadi, bagi kalian semua yang penasaran maka wajib menyimak artikel ini hingga selesai agar kalian tidak ketinggalan satupun detail informasi mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Bahan Taffeta.


Karakteristik dan Ciri - Ciri Bahan Taffeta

Setiap kain pasti memiliki karaktristiknya masing-masing. Sebelum melakukan pembahasan yang lebih mendalam ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu mulai dari mengenal jenis karakteristiknya. Lalu, apa saja sih karakteristik yang dimiliki oleh bahan Taffeta?


(ads)


Bagi kalian semua yang sudah penasaran mengenai karakteristik yang dimiliki oleh bahan Taffeta, maka saya akan dengan senang hati membagikan informasi lengkapnya kepada kalian. Karakteristik bahan Taffeta:

1. Kering

Kain Taffeta dikenal memiliki tekstur kain renyah yang merupakan hasil dari jalinan benang yang rapat. Dengan konstruksi serat yang rapat ini memberikan karakteristik pada Kain Taffeta. Kerenyahannya ini juga akan menambah kualitas terstruktur dan elegan pada pakaian yang terbuat dari kain ini.

2. Berkilau

Untuk ciri khas dan karakteristik kain Taffeta adalah kilauannya yang berkilau serta bersinar. Kemilau yang melekat pada kain Taffeta ini adalah hasil dari sifat serat sutra atau poliester yang digunakan untuk membuat taffeta. Selian itu juga, untuk permukaan kain ini dikenal halus dan memantulkan cahaya, memberikan tampilan yang indah dan bercahaya. Kemilau kilauan ini akan meningkatkan tampilan taffeta menjadi mewah dan glamor secara keseluruhan.

3. Mulus

Hayoo, siapa diantara kalian yang suka menggunakan kain yang memiliki tekstur halus dan mulus? Untuk kain taffeta ini memiliki tekstur yang halus, sehingga menambah daya tariknya sebagai jenis kain yang elegan sertta halus. Dengan tenunan benangnya yang rapat menciptakan permukaan yang terasa halus dan halus saat disentuh. Dengan kehalusan dari menambah kenyamanannya dan berkontribusi pada daya tarik estetika kain secara keseluruhan.


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Kain Wolfis untuk Pakaian

 

4. Ada “Suaranya”

Ciri khas lian yang dimiliki oleh Kain Taffeta adalah  mampu menghasilkan suara saat kiannya digerakan ataupun saat mengalami sentuhan. Hal ini disebabkan oleh karena sifat kainnya yang renyah,  sehingga kain taffeta dapat mengeluarkan suara gemerisik atau desir saat bersentuhan dengan dirinya sendiri atau permukaan lainnya. Dengan adanya suara ini maka akan menambahkan kesan drama dan kecanggihan, yang semakin meningkatkan keseluruhan pengalaman mengenakan atau menggunakan taffeta.


Kelebihan Bahan Kain Taffeta

Jika diatas kita telah membahas mengenai karakteristik yang dimiliki oleh kain Taffeta, untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihan dari kain Taffeta. Memangnya apa saja sih kelebihan yang dimiliki oleh kain Taffeta? Bagi kalian yang sudah penasaran maka dibawah ini adalah jawaban mengenai kelebihan yang dimiliki oleh kain Taffeta, diantara lain:

1. Berkilap dan Menarik

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh kain taffeta adalah suatu jenis kain yang pengkilapnya cukup menakjubkan. Dengan adanya kilapan yang bersinar dari kain Tafetta ini maka akan menambah kesan feminism serta meningkatkan pesona pada gaun atau baju yang dibuat dari kain ini. Kilap-kilapan dari kain taffeta ini cenderung lebih mencolok  dana lebi badai daripada kain satin dan organza.

2. Kekuatan yang Tinggi Sehingga Awet

Kain Taffeta adalah salah satu kain yang  termasuk dalam kategori kuat dan tahan lama. Hal ini sangat cocok digunakan untuk bahan pembuatan gaun pengantin atau gaun formal , maupun pakaian pesta yang glamor dan masih banyak lainnya. Selain itu, kain taffeta juga tahan terhadap keriput dan lipatan sehingga tidak akan kusut meskipun dipakai pada saat beraktivitas.

3. Pilihan  Banyak Warna yang Memukau

Jenis kain taffeta dikenal tersedia dalam banyak warna yang berbeda, dari warna-warna cerah hingga warna warna yang netral juga ada. Dengan banykanya pilihan warna yang indah maka akan memberi banyak pilihan bagi pembuat busana untuk menciptakan gaun pesta yang menarik dan luar biasa.


(ads)


Kekurangan Bahan Kain Taffeta

Dibawah ini adalah beberapa yang akan saya bagikan kepada kalian semua sebagai bahan pertimbangan sebelum memiliki kain atau memiliki baju dengan bahan Tafetta. Kekurangan bahan kain Taffeta, diantara lain:

1. Kurang Sejuk ketika Dipakai

Kain taffeta tidak memiliki sifat "breathable" atau "mampu bernapas", sehingga pada saat kita menggunakannya akan merasa agak panas. Hal ini pula yang meyebabkan apabila kita memakai busana yang terbuat dari kain ini akan cukup kegerahan. Dengan sifat yang tidak breathebale ini akan menjadi masalah ketika kita menghadiri acara di tempat yang cukup panas.


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Torino untuk Fashion

 

2. Gerakannya Sedikit Kaku

Meskipun memiliki kilapan-kilapan yang menarik, kain taffeta tidak begitu fleksibel seperti kain lainnya dikarenakan bahannya yang kering dan membuatnya menjadi sedikit lebih kaku  ketika digunakan. Selain itu, dengan jenis kainnya yang kaku ini akan menjadi masalah jika kita ingin memakai gaun yang lekat pada tubuh karena membuat rasa ketidaknyamanan.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai ciri - ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Kain Taffeta. Semoga apa yang saya tuliskan mengenai produk bahan fashion ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Saya juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Tags