5+ Tipe Kulit dan Tanda Kulit yang tidak Cocok dengan Niacinamide

SENTUL SITE

Tipe Kulit yang tidak Cocok dengan Niacinamide - Apakah yang dimaksud dengan niacinamide? Niacinamide adalah salah satu bahan aktif campuran skincare yang biasanya dimasukan kedalam facial wash, toner, moisturizer, serum, bahkan hingga kedalam sunscreen. 

Meskipun memiliki manfaat yang baik pada kulit, tidak semua kulit cocok dengan kandungan niacinamide. Efek samping pada penggunaan niacinamide di kulit yang tidak cocok dapat menyebabkan alergi, seperti gatal, bengkak, hingga peradangan pada kulit wajah. Mari kita bahas di artikel ini yaa...


Tipe Kulit yang tidak Cocok dengan Niacinamide

Tipe Kulit yang tidak Cocok Dengan Niacinamide

Lalu apa pengertian dari niacinamide? Niacinamide atau yang memiliki nama lain vitamin B3 adalah suatu jenis vitamin yang memiliki beragam manfaat untuk kulit kamu. Cara kerja dari niacinamide sendiri adalah dengan membantu meningkatkan pembentukan sintesis protein, keratin, dan ceramide.

Dengan adanya perlindungan dari niacinamide maka akan membantu menjaga kelembaban kulit kamu dan membuatnya menjadi aman serta terhindar dari paparan sinar matahari, debu, dan kotoran. Niacinamide dapat kamu gunakan sekali atau dua kali sehari, setelah membersihkan muka, sebagai rutinitas perawatan kulit. Manfaat niacinamide ini biasanya akan terlihat setelah Anda rutin menggunakan produknya minimal 4 minggu.


(ads)


Fungsi Niacinamide untuk Kulit Wajah

Selain manfaat Niacinamide yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan ini juga punya fungsi khusus dari niacinamide untuk kulit dan wajah. Beberapa fungsi Niacinamide untuk kulit wajah di antaranya:

1. Mencerahkan Kulit

2. Melawan Kerutan di Wajah

3. Menyamarkan Pori-pori

4. Mengurangi Kemerahan dan Iritasi Kulit

5. Memperbaiki Barier Kulit 

6. Mengontrol Produksi Sebum

7. Meningkatkan Elastisitas Kulit

8. Menyamarkan Noda Hitam dan Hiperpigmentasi

9. Menghidrasi Kulit

10. Melindungi dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari



Tipe Kulit yang tidak Cocok dengan Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu kandungan bahan skincare yang dikenal sangat cocok untuk kulit berminyaj. Dapat cocok digunakan oleh Sebagian besar jenis kulit, ternyata ada beberapa jenis kulit yang tidak cocok dengan kandungan niacinamide ini. Dibawah ini adalah beberapa tipe kulit  yang tidak cocok dengan bahan kandungan niacinamide, diantara lain:

1. Bahan Lain Yang Tidak Cocok dengan Niacinamide

Banyaknya pilihan bahan aktif yang digunakan untuk menjaga jenis kulit, ternyata untuk niacinamide ini tidak cocok dengan kulit yang menggunakan bahan aktif AHA BHA. Meskipun keduanya memiliki manfaat yang menggiurkan, akan tetapi kedua bahan aktif antara niacinamide dan AHA BHA hanya akan membaut kulit kamu menjadi iritasi.

2. Kulit yang Sensitif

Tipe kulit kedua yang tidak cocok dengan niacinamide adalah kulit sensitif. Oradengan dengan tipe kulit sensitif mungkin mengalami iritasi atau kemerahan ketika menggunakan produk yang mengandung niacinamide dalam konsentrasi tinggi. Namun, sebagian besar orang dengan kulit sensitif dapat mentolerir niacinamide dalam produk yang diformulasikan dengan hati-hati dengan kadar kandungan niacin yang tidak terlalu tinggi.

3. Excessesively Dry Skin

Niacinamide dikenal akan membantu menjaga kelembahan kulit sehingga akan menjadi lebih terhidrasi. Namun, hal ini akan menjadi masalah ketika kamu memiliki jenis tipe kulit yang sangat kering atau overdry skin sehingga hanya akan menimbulkan masalah baru pada kulit kamu.

4. Kulit Yang Rentan Berjerawat

Niacinamide sering dianggap cocok untuk kulit berjerawat mampu membantumengurangi produksi minyak dan meredakan peradangan. Namun, dalam beberapa kasus, niacinamide dalam konsentrasi tinggi mungkin tidak cocok bagi pemilik tipe kulit berjerawat, terutama jika digunakan bersamaan dengan produk lain yang mengandung bahan yang cukup keras untuk kulit.

5. Kulit yang Mudah Alergi

Niacinamide memang dikenal cocok untuk berbagai jenis kulit apapun. Akan tetapi, kamu juga harus memahami tipe kulit kamu. Apabila kulit kamua alergi dengan kandungan niacinamide maka jangan coba-coba untuk mengaplikasikannya diwajahmu. 


Tanda - Tanda Kulit tidak Cocok dengan Niacinamide

Sebagai salah satu bahan yang tengah popular dan jadikan oleh berbagai jenis bahan kandungan skincare, niacinamide tetap memiliki reaksi yang akan menunjukan jika kulit kamu tidak cocok dengan bahan tersebut. Lalu, apa saja si ciri-ciri ketika kulit tidak cocok dengan kandungan niacinamide? Dibawah ini adalah daftar beberapa tanda kulit tidak cocok dengan niacinamide, diantara lain:


(ads)


1. Kulit Terasa Terbakar

Kesan terbakar atau berasa panas yang terlalu berlebihan pada wajah menandakan bahwa kulit kamu  tidak tolerir pada kandungan niacinamide. Jadi, ketika kamu merasa bahwa rasa panasnya sudah terlalu berlebihan maka untuk penggunaan niacinamide sebaiknya dihentikan.

2. Muncul Iritasi Kulit Hingga Peradangan

Salah satunya pertanda paling terang jika kulit kamu tidak cocok dengan niaciamide adalah iritasi dan kemerahan yang terlalu berlebih sesudah pemakaian produk itu. Bila kulit kamu sudah merasakan gatal, berasa panas, atau membesar, ini menjadi tanda jika kulitmu tidak mampu menerima niacinamide dengan baik. Efek paling buruk dari terjadinya peradangan di kulit akibat ketidakcocokan dengan niacinamide adalah breakout pada wajah.

3. Over Minyak Pada Kulit atau Kulit Over Kering

Kandungan niacin yang tidak sesuai tipe kulit bisa mengakibatkan tidak seimbangnya produksi minyak. Bila kulit kamu menjadi terlampau kering atau terlampau berminyak sesudah pemakaian teratur, ini bisa jadi tanda jika formulasi produk itu tidak sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. 

Tidak hanya itu, kulit kamu juga akan menjadi over kering karena kulit tidak terhidrasi menjadi lebih baik. Hal ini hanya akan membuat skin barrier kulit kamu menjadi rusak.

4. Kulit Semakin Sensitif

Ciri keempat jika tipe kulit kamu tidak cocok dengan kandungan niacinamide adalah kulit menjadi semakin sensitive.. Bila kulit kamu mengalami kenaikan sensitivitas atau kemerahan yang tidak lumrah sesudah terkena cahaya matahari, produk Anda mungkin memiliki kandungan bahan fotosensitisasi. Pikirkan untuk memakai tirai surya dengan SPF semakin tinggi atau menukar produk skincare kamu.



Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel skincare mengenai apa saja tipe kulit yang tidak cocok dengan niacinamide serta tanda - tanda kulit tidak cocok dengan niacinamide. Semoga apa yang saya tuliskan ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Saya juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa..

Tags