✓ Bahan Rib : Kelebihan, Kekurangan, Contoh Bahan, Apakah Bagus?

SENTUL SITE

Bahan Rib - Dalam dunia tekstil tentu saja banyak beragam jenis kain-kain yang dapat kamu temukan dan kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu dalam membuat pakaian. Salah satu jenis bahan yang saat ini tengah mendapatkan kolom pencarian teratas adalah bahan kain Rib.


bahan rib adalah

Bahan Rib Adalah..

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan bahan Rib? Bagi kamu yang masih asing dengan bahan Rib, Bahan Rib adalah suatu jenis kain yang rajutan. Dalam pengertian yang lebih luas, bahan rib adalah suatu jenis kain yang diproduksi dengan melakukan Teknik ribbing maupun knitting yang hasil akhirnya nanti akan memiliki tekstur rajutan benang vertikal yang timbul dan tidak kasat mata. 


(ads)


Contoh Bahan Rib dan Jenisnya

Bagi orang-orang yang sudah berkecimpung lama dalam dunia konveksi, tentunya bahan rib bukanlah suatu hal yang baru. Berbeda dengan kamu orang awam, tentunya jenis kain adalah sesuatu yang masih kurang familiar.

Sebagai salah satu bahan yang terbuat dari Teknik rajutan maupun knitting, ada beberapa jenis dari bahan Rib. Dibawah ini saya seiap membagikan contoh dan jenis bahan Rib dan pastikan kamu menyimak artikel ini hingga selesai. Contoh dan jenis bahan Rib, diantara lain :


1. Bahan Rib Katun

Bahan Rib katun adalah kain dengan jenis premium yang terbuat dari 100% serat kapas. Serat kapas yang lembut ini tidak akan menyebabkan iritasi saat bersentuhan dengan kulit. Baik jenis cotton maupun polyester diproses dengan cara yang sama namun bahan dasarnya berbeda. 

Dalam hal kenyamanan jenis satu ini terbilang nomor satu diimbangi dengan harganya yang merogoh kocek. Dikarenakan terbuat dari bahan organik dan anti iritasi, jenis kain rib ini digunakan untuk bahan pakaian bayi dan anak. Seperti yang kita tau kulit bayi atau anak lebih sensitif dari kulit orang dewasa. 

Namun jenis pakaian dewasapun banyak yang menggunakan jenis kain rib ini. Dari penjelasan di atas, semua jenis kain berbahan katun warnanya lebih cepat pudar jika sering dicuci dan dijemur. Susut kainpun juga termasuk kekurangan kain berbahan katun. 


2. Bahan Rib Polyester

Sesuai dengan namanya, jenis kain rib satu ini terbuat dari bahan polyester atau serat sintetis. Kenyataannya jenis ini tidak berbahan 100% polyester, terdapat campuran cotton, namu proporsi polyesternya lebih besar. Sifat kainnya sama dengan jenis kain rib yang lain yaitu elastis, lentur, dan banyak pilihan warnanya yang bisa disesuaikan dengan selera. Polyester rib adalah salah satu best seller di pasaran karena kualitasnya yang lumayan bagus dengan harga terjangkau.  


3. Bahan Rib Pol

Yang ketiga, bahan Rib dengan poly merupakan jenis bahan Rib yang berada dalam grade paling bawah. Bahan Rib jenis ini dikenal terbuat dari jenis kain serat sintetis yang dimana kain ini memiliki karakteristik yang lebih kaku, sedikit agak kasar, memiliki pola rajutan yang besar namun kurang rapi, tetapi kainnya jauh lebih elastis. 


4. Bahan Tubular Rib Knit

Untuk selanjutnya adalah jenis kain Rib Kint Tubular. Kain ini dikenal dalam bentuk tabung tapi memiliki tepian di bagian yang sudah di anyam. Kain ini dikenal kerap digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian tanpa jahitan. 


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Credenza Silk serta Cirinya


Bahan Rib Apakah Bagus?

Bahan Rib adalah sebuah bahan kain yang terbuat dari katun, wol, campuran katun, maupun polyester. Sebagian besar bahan Rib memiliki kain yang berwarna pastel dan memanjakan mata. Selain itu, terbuat dari bahan-bahan berkualitas kain ini dikenal awet dan mudah luntur.

Pertanyaan dari Sebagian orang, apakah bahan Rib bagus? Jawabannya adalah tentu saja bahna Rib bagus karena terbuat dari campuran bahan kain yang berkualitas. Bahan ini dikenal memiliki fleksibilitas yang bagus sehingga lentur dan cepat Kembali ke bentuk semula ketika dibawa beraktivitas dan terasa lembut dikulit sehingga tidak akan membuat kamu merasa risih. 


(ads)


Apakah Bahan Rib Tebal atau tidak?

Bagi kamu yang menanyakan bahan Rib tebal atau tidak, jawabannya adalah bahan Rib merupakan jenis kain bahan yang tebal dan tidak tipis.


Kelebihan dan Kekurangan Bahan Rib

Kelebihan Bahan Rib

Kain Rib adalah salah satu jenis kain yang dikenal nyaman dan lembut ketika digunakan. Memuncaki puncak teratas pencarian bahan akhir-akhir ini, memangnya apa sih yang menjadi kelebihan kain Rib?

Seperti yang sudah diketahui, katun yang menjadi bahan dasar kain Rib dikenal memiliki tekstur yang lembut ditangan. Dengan jenis kelembutan ini tentunya bahan kain rib memiliki urat yang bening, kain nya indah dan mudah dipakai, sehingga kain jenis ini juga disukai oleh para desainer pakaian kerja, di toko juga bisa melihat berbagai rib T-shirt, produk sweater.

Selain itu, pada kain rajutan karena tenunannya bahan ini memiliki fleksibilitas yang epik sehingga membuat kain ini memiliki fleksibilitas yang baik dan pakaian yang terbuat dari kain yang sangat elastis.

Kain Rib dikenal memiliki banyak keunggulan dan kelebihan, salah satunya adalah pakaian dapat pulih dengan cepat setelah deformasi, tidak mudah kusut dan lusuh. Dibawah ini adalah daftar kelebihan Bahan Rib:

1. Nyaman Ketika Digunakan

Salah satu keunggulan terbesar dari kaos rib adalah kenyamanannya. Bahan ini dikenal sebagai kain yang lembut dan elastis, sehingga nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Pola rib yang khas memberikan tekstur yang menenangkan dan memberikan rasa lembut saat digunakan.

2. Menyerap Keringat

Kain Rib dikenal menyerap keringat sehingga kamu tidak akan merasakan kegerahan dan merasa kepanasan.

3. Tidak Menyebabkan Iritasi Kulit

Terbuat dari serat-serat kain yang lembut, bahan Rib dikenal tidak akan menyebabkan iritasi kulit.

4. Bahannya Tebal dan Tidak Menerawang

Bahan Rib dikenal memiliki kelebihan yang tebal sehingga akan aman ketikda digunakan dan tidak tembus pandang.


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe serat Cirinya


Kekurangan Bahan Rib

Disetiap Kelebihan tentunya ada kekurangan, kekurangan bahan Rib diantara lain:

1. Bahannya Mudah Berbulu

Bahan Rib dikenal mudah berbulu apabila terlalu sering mengalami proses pencucian dan setrika.

2. Membentuk Badan

Meskipun dikenal akan kainnya yang tebal, kekurangan bahan Rib akan membentuk lekuk tubuh pemakainya sehingga kurang nyaman ketika digunakan oleh para muslimah.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan bahan rib serta pengertian dan contoh pemakaian bahan rib dalam pembuatan pakaian. Semoga apa yang saya tuliskan mengenai produk bahan fashion ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Saya juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Tags