5+ Kelebihan dan Kekurangan Bahan Jacquard serta Ciri - Ciri Bahannya

SENTUL SITE

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Jacquard - Bagi kalian yang sedang mencari tahu ciri - ciri dan apa saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Jacquard kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..


Kelebihan dan Kekurangan Kain Jacquard

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Jacquard

Bahan Jacquard identic dengan pakain-pakaian Cina. Bagi kalian yang sedang akan membeli bahan ini dan sedang kepo akan kelebihan dan kekurangannya maka dibawah ini aalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahan Jacquard secara lengkap.


Mengenal Bahan Kain Jacquard

Dengan adanya perkembangan fashion tentunya juga memunculkan berbagai bahan-bahan kain jenis terbaru. Salah satunya Bahan Kain Jacquard. Apakah diantara sobat mintul sudah ada yang pernah mendengar mengenai bahan Jacquard? Bahan Jacquard merupakan salah satu jenos yang berasal dari nama tokoh penemu Teknik pembuatan Jacquar atas nama Joseph Marie Jacquard pada tahun 1804.

Bahan kain Jenis Jacquar sendiri terkenal diantara para pecinta fashion. Masuk kedalam A-list atau kain kualitas terbaik, bahan kain Jacquar dikenal memiliki kualitas kain yanapik. Selain itu dengan looknya yang mewah serta berkilau membuat kain Jenis Jacquard tampak lebih itsimewa dibandingkan dengan kain-kain yang laiinnya.


(ads)


Karakteristik dan Ciri - Ciri Bahan Jacquard

Dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain unggulan serta memiiki kualitas terbaik, tentunya bahan Jacquard memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis kain lainnya. Untuk sobat mintul, disini mintul akan membagikan kepada kalian semua mengenai karakteristikyang dimiliki oleh Bahan Kain Jacquard secara lengkap serta detail:

1. Terasa lembut dan sejuk saat digunakan

Jenis kain dengan  berbahan jacquard dikenal memiliki tekstur kain yang terasa lembut saat digunakan, terlebih bila ada campuran kain katun pada pakaian jacquard tersebut. 

Selain memiliki sifat kain yang lembut, untuk bahan jacquard juga bersifat breathable atau tidak menjebak hawa panas. Dengan adanya hal ini maka akan pakaian dengan bahan jacquard akan tetap terasa sejuk dan nyaman ketika digunakan dipelbagai cuaca.

2. Tidak mudah kusut

Karakteristik lain yang dari bahan kain jacquard adalah tidak mudah kusut atau wrinkle-resistant. Bahkan, bahan kain jacquard dikenal sebagai salah satu jenis kain yang sering kali tak perlu disetrika sebelum disimpan atau digunakan karena tidak mudah kusut sehingga kita dapat menghemat tenaga saat menyetrikanya.

3. Memiliki pola yang beragam dan tak terbatas

Bahan Jacquard memiliki pilihan pola yang tidak terbatas, mulai dari pola klasik seperti stripes atau dots hingga ke pola geometris, daun, dan motif bunga yang indah. Berbeda dengan prints yang diaplikasikan setelah kain sudah jadi, pola jacquard ditenun bersamaan dengan kain dasarnya. Denga adanya Teknik inilah yang membuat bahan Jacquard memiliki beragam motif yang beragam serta indah

4. Memiliki Look Yang Mewah dan Berkelas

Terbuak dengan Teknik tenunan kain yang bebeda dari jenis kain pada umumnya, membuat bahan kain jacquard memiliki karakteristik yang berbeda pula. Dengan adanay hitu, maka membuat pola timbul yang ada pada kain jacquard akan terlihat berbeda dengan pola timbul yang dibuat dengan cara dibordir. 

Selain itu, meski bahan kan Jacquard dapat dibuat dengan beberapa jenis kain, mulai dari katun hingga wol, kebanyakan busana berbahan jacquard dibuat dari polyester, sutra, satin, linen, atau bahkan dari campuran berbagai jenis kain.   Ciri khas yang dimiliki oleh bahan Jacquard yang terbuat dari beberapa jenis kain adalah bahan Jacquard memiliki tampilan yang mengkilap, berkilau, dan licin. Hal ini membuat kain jacquard tampak sangat mewah dan berkelas, sehingga sangat cocok jika dibuat menjadi busana berbagai ocassion penting, seperti evenig gown, blazer, outer, dan dress. 


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Jet Black untuk Fashion

 

Cara Perawatan Pakaian dari Bahan Jacquard

Bahan kain Jacquard dikenal menawarkan banyak keunggulan untuk membuat penampilan lebih menawan. Namun, karena dibuat dengan teknik khusus yang berbeda dengan jenis kain lainnya dan memiliki pola yang rumit, tentu saja bahan kain Jacquard harus dirawat dengan baik agar tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. 

Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam hal merawat kain jacquard:

1. Beberapa pola dari bahan kain  Jacquard fikenal memiliki pola yang sangat rumit serta kerap kali memiliki tambahan ornamen seperti beads. Apabila kita memiliki bahan kain Jacquard dnegan tipe seperti ini cucilah bahan Jacquard dengan proses dry-cleaning

2. Jika kita memiliki bahan kain jacquard dengan jenis kain serat yang cukup tebal dan kuat, maka untuk kain jacquard bisa dicuci menggunakan tangan di air dingin tidak memerlukan proses dry cleaning.

3. Selain itu, hindari penggunaan pemutih pakaian atau detergen berbahan keras saat mencuci Jacquard

4. Salah satuhal yang perlu kalian ingat adalah pastikan untuk tidak menyikat, merendam, ataupun menggosok bahan kain jacquard saat mencucinya dengan tangan

5. Ketika tahap pencucian telah selesai, maka jangan peras kain jacquard, biarkan kering dengan hanger atau hamparkan pada permukaan yang rata


Kelebihan Bahan Kain Jacquard

Bahan kain Jacquard dikenal sebagai salah stau bahan kain yang popular karena memiliki kelebihan yang membuatnya selalu terlihat menarik dimata apra pecinta fashion. Berikut adalah kelebihan dari bahan Jacquard:


(ads)


1. Motif dan Pilihan Warna Yang Beragam

Terbuat dari proses yang berbeda dengan jenis kain lainnya membuat bahan kain Jacquard memiliki warna serta motif-motif yang indah beragam.

2. Nyaman Digunakan 

Kelebihan dari bahan Jacquard adalah meskipun terbuat dari berbagai jenis bahan kain tidak membuat bahan Jacquard memerangkap panas. Justru kain ini cenderung nyaman digunakan bahkan ketika digunakan pada saat cuaca panas sekalipun.

3. Halus dan Lembut

Kelebihan ketiga yang dimiliki oleh bahan Jacquard adalah bahannya yang halus serta lembut sehingga kain ini nyaman digunakan dan tidak membuat risih.

4. Mewah

Sebagai kain dengan look yang mewah bahan Jacquard cenderung digunakan acara-acara penting. Dengan looknya yang mewah ini akan membuat pemakainya menjadi tampak berkelas serta menjadi lebih berkelas.


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe untuk Fashion

 

Kekurangan Bahan Kain Jacquard

Sejauh ini, kekurangan dari bahan Jacquard memerlukan penanganan khusus. Hal ini disebebkan apabila bahan ini dicuci dan dirawat secara asal -asalan akan membuat bahan Jacquard menjadi rusak karena kainnya yang cukup rentan.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai ciri - ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Bahan Jacquard. Semoga apa yang dituliskan Mintul mengenai produk bahan fashion ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintul juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Tags