5+ Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Mikro serta Ciri2 Bahannya

SENTUL SITE

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Mikro - Bagi kalian yang sedang mencari tahu ciri - ciri dan apa saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Mikro kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..


Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Mikro

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Mikro

Dibawah ini mintul akan membagikan informasi lengkap seputar kelebihan dan kekurangan Katun Mikro.Jadi, pastikan simak artikel ini hingga selesai ya, bestie!


Mengenal Jenis – Jenis Bahan Kain Katun

Bahan Katun adalah salah satu jenis bahan yang paling umum digunakan dan kerap dipakai sebagai syarat pembuatan pakaian. Dipasaran memanh sudah tersedia beraneka ragam jenis – jenis kain katun dengan kualitasnya yang baik dan disukai oleh para pelaku indutsri textile. Bahan katun sediri terbuat dri bahan – bahan serat alami tumbuhan kapas yang menjadikan bahan kainnya menjadi sangat lembut.



(ads)



Bagi kalian yang sedang mencari bahan jenis pakaian dengan karakteristik tidak menyerap keringat serta bahannya yang tidak panas maka kalian bisa memilih bahan jenis katun sebagai bahan dasar pembuatan pakaian kalian teman-teman. Sebagai salah satu jenis bahan yang memiliki kaste tinggi dalam dunia bahan baku tekxtile, unuk kepopuleran bahan katun memang sudah tidak diragukan lagi. 

Proses bahan pembuatan kain katun juga terbilang rumit karena terbuat dari serat kapas yang kemudiah diubah menjadi bahan kain. Selain itu, untuk bahan katun jenis memiliki bermacam- macam jenis. 
Dibawah ini adalah beberapa jenis-jenis dari bahan Katun yang ada dipasaran :

1. Kain Katun Biasa

Jenis kain katun pertama yang ada dipasaran adalah kain katn biasa. Kain jenis merupakana salah satu jenis kain katun dengan grade paling bawah dan terbilang dengan kualitas yang sangat standar.

2. Kain Katun Madinah

Yang kedua adalah kain katun Madinah. Kain ini dikenal memiliki karakteristik bahan yang sangat lembut, ringan, dingin, jatuh, dan tidak menerawang. Permukaan dari kain ini juga terbilang memiliki serat halus yang hampir mirip dengan kain katun supernova.

3. Kain Katun Toyobo

Kain Katun Toyobo adalah salah satu jenis kain yang merupakan berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Kain Katun Toyobo dikenal memiliki serat kain yang raoat sehingga kain jenis ini tidak akan menerawang. Kelebihan lain dari Katun Toyobo adalah bahan ini dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kain laki-laki dan perempuan.

4. Kain Katun Mikro

Salah satu jenis bahan katun yang saat ini kerap diperbincangkan. Bahan ini terbuat dari bahan campuran seperti polyester, nilon, polymer tetapi tetap didominasi dengan bahan katun.


Karakteristik dan Ciri - Ciri Bahan Katun Mikro

Bagi orang – orang yang telah lama berkecimpung dengan dunia textile pastinya sudah tidak asing lagi dengan bahan katun. Meskipun sekarang dipasaran telah hadir berbagai jenis – jenis bahan kain lainnya nyatanya tidak dapat meredupkan eksistansi dari bahan katun karena kenyamanan dari penggunaan kainnya.

Dengan adanya perkembangan teknologi telah menghadirkan berbagai jenis – jenis kain katun lainnya. Dengan banyakanya ragam jenis kain katun yang ada dipasaran membuat paa konsumen bebas memiliki jenis – jenis kain katun sesuai dengan keinginan dan sesuai selera mereka. Salah satu jenis kain katun yang saat ini tengah menjadi perbincangan adalah jenis kain katun Mikro. 

Kain ini merupakan salah satu jenis microfiber terbaik yang terbuat dari beberapa jenis bahan kain seperti katun, polymer nilon, dan polyester namun didalam kandungan dan seratnya tetap didominasi bahan katun.

Seperti jenis – jenis bahan kain katun lainnya yang terkenal dapat menyerap keringat tetapi tetap adem sata digunakna, untuk bahan Katun Mikro sendiri juga memiliki karakteristik lainnya. Bahan dari Katun Mikro memiliki karakteristik kain yang halus, lembut, licin, serta tidak berat. Bahan Katun Mikro dibuat melalui proses khusus sehingga kualitas kainnya tetap terjaga.



Kelebihan Bahan Katun Mikro

Sebagai salah satu bahan berkualitas dan mampu bersaing dngan bahan – bahan premium lainnya, untuk kain katun Mikro sendiri juga memiliki berbagai kelebihan yang membuat menjadi favorit dan popular untuk akhir – akhir. Apakah diantara sobat mintul ada yang penasaran apa saja kelebihan yang dimiliki oleh bahan Katun Micro? Untuk kali ini mintul akan membagikan kelebihan – kelebihan bahan Katun Mikro :

1. Kain Yang Tipis dan Ringan Karena Terbuat Dari Serat Yang Berukuran Kecil

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh bahan Katun Mikro adalah jenis kainnya yang tipis. Sama seperti Namanya, untuk bahan Katun Mikro dikenal terbuat dari serat-serat yang berukuran kecil. Terbuat dari serat – serat kain yang kecil mebuat bahan ini menjadi ringan dan terkesan tipis.

2. Flowy

Kelebiahn selanjutnya yang dimiliki bahan Katun Mikro adalah bahannya yang flowy sehingga “jatuh” dan tidak kaku pada saat digunakan.



(ads)



3. Tidak Mudah Kusut

Bahan Katun Mikro termasuk salah satu jenis kain yang tidak mudah kusut sehingga kita tidak perlu menyetrikanya berkali-kali. Sekalipun bahan ini kusut maka akan segera Kembali ke bentuknya yang semula.

4. Bahannya Yang Adem

Bahan Katun Mikro termasuk salah satu jenis kain yang bahannya adem. Sama seperti jenis kain katun lainnya bahan ini dapat menyerap keringat tetapi tetap adem saat digunakan.


Kekurangan Bahan Katun Mikro

Jika didunia ini ada hitam dan ada puti, maka untuk bahan Katun Micro juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika sebelumnya kita telah membahas kelebihan bahan Katun Mikro maka selanjutnya mintul akan membagikan seputar kekurangan bahan Katun Mikro. Berikut adalah beberapa kekurangan bahan katun Mikro :




1. Mudah Menyusut

Bahan Kain Katun Mikro termasuk salah satu jenis kain yang ringkih. Bahan ini akan mudah menysyut apabila terpapar sinar matahari dan setrika yang terlalu panas.

2. Mudah Robek

Pada saa melakukan pencucian pakaian dengan bahan katun Mikro maka kita harus mencucinya dengan hati-hati karena agar tidak merobek bahan dikarenakan serat kainnya yang tipis.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai ciri - ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Mikro. Semoga apa yang dituliskan Mintul mengenai produk bahan fashion ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintul juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa
Tags