5+ Kelebihan dan Kekurangan Katun Yanded serta Ciri - Ciri Bahannya

SENTUL SITE

Kelebihan dan Kekurangan Katun Yanded - Bagi kalian yang sedang mencari tahu ciri - ciri dan apa saja Kelebihan dan Kekurangan Kain Katun Yanded kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..


kelebihan dan kekurangan katun yanded

Kelebihan dan Kekurangan Katun Yanded

Dalam dunia tekstik Yarn Dyed atau yang lebih dikenal Yanded adalah Teknik pewarnaan benang sebelum ditenun menjadi kain. Bagi kalian yang ingin membeli kain ini maka mintul akan membagikan informasi penting seputar kelebihan dan kekurangan bahan Yanded. Jadi simak artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Kelebihan dan Kekurangan Bahan Yanded


Jenis – Jenis Kain Katun Yang Beredar di Pasaran

Kain Katuna dalah salah satu jenis kain yang popular di Indonesia karena dikenal memiliki karakteristik bahan yang adem dan mudah menyerap keringat. Tetapi, untuk kain katun sendiri juga terdiri dari berbagai macam jenisnya yang disebabkan oleh perbedaan Teknik tenun dan kualitas kapas untuk pembuatannnya. Jadi, sebelum membahas lebih dalam mengenai Kelebihan dan Kekurangan Katun Yanded kita harus berkenalan terlebih dahulu tentang bermacam-macam jenis kain katun.


(ads)


Berikut dibawah ini adalah beragam jenis kain katun yang beredar dipasaran :

1. Katun Linen

Kain Katun Linen adalah salah satu jenis kain katun yang terbuat dari campuran kapas serta serat pohom rami. Dibuat melalui Teknik pembuatan yang rumit, untuk kain Katun Linen memiliki karakteristik yang sedikit namun tetap terasa lembut dan dingin apabila saat digunakan.

2. Katun Imam

Katun Ima adalah salah satu jenis katun yang diimpor dari Negeri Sakura yaitu Jepang. Kain ini dikenal memiliki tekstur kain yang licin apabila diraba serta tipi. Walaupun Katun Ima dikenal tipis untuk kain Katun Ima tidaklah menerawang.

3. Katun Flanel

Jika mendengar menegnai kata “Flanel” maka yang terlintas dipikiran kita adalah sebuah kemeja kotak-kotak. Nyatanya, flannel sendiri merupakan salah satu jenis katun yang terbuat dari serat wol sehingga menghasilkan kain yang hangat pada saat digunakan. Untuk Teknik pembuatan Katun Flanel sendiri adalah dengan cara tenun plain wave pada salah satu sisinya, kemudian dilakukan penyikatan menggunakan mesin sehingga menghasilkan permukaan kain yang terasa lembut.

4. Katun Supernova

Bahan Kain Katun Supernova adalah salah satu jenis bahan katun yang paling kerap digunakan dipasaran untuk membuat berbagai fashion item. Katun Supernova dikenal berbeda dengan jenis kain katun pada umum dikarenakan serat halus pada permukaan Katun Supernova tampak terburai. 

5. Katun Silk

Katun Silk adalah salah satu jenis katun yang terdari dari serat sutra, polyester, maupun nilon. Memiliki tampilan kain yang berwarna mengkilap membuat bahan ini kerap digunakan sebagi bahan pembuatan dress ataupun rok – rok gemas karena mampu memberikan kesan yang elegan.

6. Katun Yanded

Bahan kain katun Yarn Dyed atau Katun Yanded adalah jenis kain yang terbuat melalui proses pewarnaan atau pencelupannya yang dilakukan ketika masih dalam benang. Untuk kainnya sendiri akan mulai ditenun menjadi kain setelah proses pewarnaan itu sendiri selesai.


Mengenal Bahan Kain Katun Yanded

Apakah diantara ada yang sedang mencari bahan untuk pembuatan kemeja atau berbagai seragam yang nyaman saat digunakan dan dapat menyerap keringat sehingga kita tidak akan merasa gerah? Jika iya maka mintul akan memberikan saran kepada kalian salah satun bahan yang masih dalam rumpun katun yaitu bahan kain jenis Katun Yanded.

Kain Katun memang salah satu jenis kain yang sangat popular di Indonesia karena dikenal memiliki kemampuan untuk menyerap keringat. Memiliki ciri khas katun katun yaitu cocok digunakan daerah tropis, bahan ini memang salah satu jenis kain yang popular diperbincangkan dikalangan masyarakat.


Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Katun Toyobo untuk Fashion

 

Karakteristik dan Ciri - Ciri Katun Yanded

Setelah kita berkenalan mengani berbagai jenis kain katun terutama Katun Yanded, maka untuk selanjutnya pembahasan kita adalah karakteristik yang dimiliki oleh Katun Yanded. Memperkenalkan karakteristik dan ciri katun Yanded bertujuan agar kalian tidak keliru pada saat melakukan pembelian kain ini.

Untuk ciri-ciri dari bahan Katun Yanded diantara lain adalah :

1. Adem dan Tidak Menerawang

Memiliki karakteristik seperti katun pada umum, untuk bahan kain Katun Yanded memiliki karakteristik kain yang adem dan juga tidak menerawang sehingga bahan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan seragam.

2. Tekstur Kain Yang Lembut

Terbuat dari serat katun polyester membuat hana KatunYanded memiliki karakter kain yang lembut saat digunakan.

3. Serat Yang Tidak Terlalu Rapat

Kain Katun dikenal memiliki karakteristik kain yang menyerap keringat dan tidak menimbulkan rasa panas. Begitupun dengan Katun Yanded memiliki serat kain yang tidak terlalu rapat seperti jenis kain lainnya sehingga anti gerah.


(ads)


Kelebihan Bahan Katun Yanded

Setiap jenis-jenis kain yang beredar dipasaran tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing beserta kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan Katun Yanded juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Dibawah ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Katun Yanded diantara lain :

1. Kelebihan pertama dari bahan Katun Yanded adalah jenis kainnya yang serbaguna dapat digunakan sebagai pakaian perempuan maupun laki-laki, dapat digunakan sebagai bahan seragam, dan dapat digunakan sebagai bahan celana maupun celana pendek.

2. Bahan Katun Yanded dikenal memiliki warna-warna serat pada motifnya yang lebih solid sehingga warnanya menjadi lebih awet dan akan memunculkan kesan ekslusif.

3. Kelebihan ketiga yang dimiliki dimiliki oleh bahan katun Yanded adalah jenis kainnya adem sehingga sangat cocok digunakan untuk beraktivitas sehari – hari bagi kita yang tinggal didaerah tropis.


Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Katun Mikro untuk Pakaian

 

 

Kekurangan Bahan Katun Yanded

Jika kita membahas mengenai mengenai bahan Katun Yanded maka untuk kekruangan bahan ini adalah kebyakan motifnya yang berntuk kotak – kotak sehingga jarang memiiki motif yang beragam dibandingkan jenis kain katun yang lainnya.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai ciri - ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Katun Yanded. Semoga apa yang dituliskan Mintul mengenai produk bahan fashion ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintul juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa
Tags